Kambing Etawa Super Pemenang Kontes Terbaik Di Indonesia

Kambing Etawa Super

Di bawah ini adalah koleksi foto terbaik dari KambingEtawa Super Pemenang Kontes Terbaik Di Indonesia, ternak kambing memang sudah di lakukan dari nenek moyang dan sampai saat ini. Memang untuk saat ini ternak kambing etawa adalah pilihan terbaik jika ingin memulai bisnis usaha ternak kambing. Dengan memilih kambing etawa sebagai bahan ternak maka ada 3 opsi hasil produksi yang bisa di panen, antara lain yaitu ; dagingnya, susunya, dan sebagai kambing kontes. Yang saya bahas kali ini bukan tentang daging atau susu yang dapat di hasilkan dengan ternak kambing etawa, namun adalah yang sering di sebut dengan kambing etawasuper yang nantinya akan di ikutkan dalam kontes.
Kambing Etawa Super Winner 2015
Pada awalnya kambing etawa merupakan jenis kambing perawakan tinggi dan besar yang berasal dari India, disana kambing ini sering di sebut dengan kambing Jamnapari. Dengan tubuhnya yang tinggi dan besar, kambing etawa dewasa mampu mencapai tinggi tubuhnya sekitar 90 cm – 127 cm, dan untuk kambing etawa jenis kelamin betina hanya sekitar 92 cm. Kambing etawa super bisa mencapai bobot sekitar 100kg dan bahkan lebih, dan untuk betina biasanya hanya sekitar 63kg. Yang paling mudah untuk mengidentifikasi jenis kambing etawa adalah dengan telinganya yang panjang dan terkulai kebawah, bentuk dahi dan hidungnya cembung. Kambing etawa memiliki tanduk yang pendek, hal ini berlaku untuk jenis kelamin jantan dan betina. Kelebihan lainnya adalah kambing etawa betina dapat menghasilkan susu di setiap harinya, rata-rata susu yang di hasilkan sekitar 3-4 liter per hari.

Di Indonesia saat ini sangat banyak kambing etawa yang dapat kita temukan di sepanjang pasar hewan di semua kota, dengan semakin banyaknya populasi kambing ini maka para peternak banyak yang melakukan kawin silang dengan kambing lokal. Kambing hasil perkawinan kambing etawa dan kambing lokal ini sering si sebut dengan Kambing PE (peranakan etawa).Kelebihan dari kambing PE tersebut adalah sangat bagus untuk beradaptasi dengan lingkungan di Negara kita karena memang ada faktor gen yang berasal dari kambing lokal.

Namun tidak cukup 1 kali persilangan saja untuk membuat ras etawa menjadi semakin kuat, anak antara etawa dan lokal pertama ini akan di kawinkan lagi dengan ras asli etawa sehingga dengan hal tersebut dapat hasil maksimal dan selanjutnya persilangan antara etawa dan lokal ini sudah dapat di ternak dengan nyaman di Indonesia. Dengan semakin menjamurnya ternak kambing di Negara kita, mulai dari jawa tengah, jawa timur, DIY, Bali sangat ramai dengan usaha ternak kambing, namun untuk jenis kambing etawa ini memang di jawa tengah dan jawa timur yang paling banyak di budidayakan. Karena dengan gagahnya kambing etawa/pe selain di budidayakan untuk di ambing daging dan susunya maka adalah sebagai hobi, dan mereka para penghobi kambing etawa/pe mewaratnya dengan khusus karena akan di konteskan dan yang sering di sebut dengan kambing etawa super.

Untuk mendapatkan kambing etawa super ini memanglah tidak mudah, di perlukan ketelitian dari awal penyediaan bibit sampai dengan tahap perawatan. Dan hasil dari pengamatan saya pribadi, pemenang kontes kambing etawa super pada umumnya adalah dengan warna kambing putih dan hitam, rata-rata di bagian kepala sampai leher berwarna hitam dan sisanya berwarna putih. Memang sangat menyenangkan saat melihat secara langsung kontes kambing etawa, sangat ramai dengan para pengunjung, mulai dari penghobi sampai dengan peternak kambing lokal yang memproduksi daging. Kontes kambing etawa sangat sering di adakan di area jawa tengah dan jawa timur, dengan di adakannya kontes maka peternakan kambing di Negara kita akan semakin berkualitas. Di sana adalah ajang untuk unjuk gigi para peternak kambing etawa, mulai dari menunjukkan keturunan yang unggul dan perawatan terbaik.

Para pemenang kontes kambing etawa super  pada umumnya menjelaskan untuk mendapatkan hasil tersebut maka adalah sebagai berikut :

1.    Bibit Unggul Kambing Etawa Super

Jelas, ternak apapun itu pastinya membutuhkan bibit untuk di budidayakan, dan untuk mendapatkan kambing etawa super juga demikian, bibit unggul menjadi hal yang paling mutlak adanya. Untuk mendapatkan bibit unggul tersebut, dapat di beli langsung dari kandang para peternak kambing senior yang memang sudah terkenal. Hal ini tentunya memiliki kelemahan jumlah pilihan terbatas dan harganya yang mahal. Solusi lainnya adalah dengan bertahap, membeli bibit kambing etawa yang bagus, dan di kawinkan dengan kambing etawa yang bagus pula sehingga mendapatkan keturunan yang meningkat, dan semakin berkembang maka bibit unggul untuk menciptakan kambing etawa super sudah di dapatkan.

2.    Perawatan Khusus

Selain bakalan/bibit yang akan kita setting menjadi kambing etawa super maka hal penting lainnya dengan perawatan yang khusus. Perawatan ini tentunya masih menjadi misteri untuk di ulas, masih menjadi rahasia para peternak kambing etawa super untuk di konteskan. Namun tentunya perawatan ini adalah dengan penanganan dari awal pembuatan kandang, penyediaan bibit, pakan, minum, perawatan lainnya adalah kunci sukses menjadi kambing etawa juara saat kontes.

Kambing etawa super yang siap di konteskan paling bagus usianya sekitar 18-29 bulan, dengan usia tersebut maka kambing etawa akan sempurna semua organ tubuhnya. Minimal tingginya adalah 105 cm, dan panjang 125 cm dengan panjang telinga sekitar 37 cm. Jika kambing etawa Anda sudah mempunyai ciri-ciri seperti ini maka sangat layak untuk di ikutkan dalam kontes. Selain itu yang menjadi ciri khas lainnya adalah bentuk kepala yang nonong dan mulutnya yang mungil, tubuhnya yang tinggi serta warna kepala hitam mengalung sampai leher. Masih banyak lagi tentang foto kambing etawa juara yang belum bisa saya posting di sini, namun di bawah ini adalah beberapa foto kambing etawa super pemenang kontes!!

Kambing Etawa Super Bulu Panjang Seperti Betina
Kambing Etawa Super Bulu Panjang
Kambing Etawa Super Gagah
Kambing Etawa Super Jantan
Kambing Etawa Super Jawa Timur
Kambing Etawa Super Jepara Jawa Tengah
Kambing Etawa Super Kontes 2014
Kambing Etawa Super Kontes Juara 1
Kambing Etawa Super Mahal
Kambing Etawa Super Masih Muda
Kambing Etawa Super Milik Peternak Desa
Kambing Etawa Super Muda
Kambing Etawa Super Psegen Pati
Kambing Etawa Super Putih Mulus
Kambing Etawa Super Sebagai Kurban
Kambing Etawa Super Siap Kontes
Kambing Etawa Super Usia Matang
Kambing Etawa Super Winner 2015
Kambing Etawa Super
Kepala Kambing Etawa Super
Kambing Etawa Super 2012
Kambing Etawa Super 2013
Kambing Etawa Super Belum mandi
Sangat menyenangkan jika memang memiliki kambing etawa seperti foto-foto diatas, selain untuk menghadirkan pundi-pundi rupiah juga memuaskan diri kita sebagai hobi. Yang paling penting untuk menciptakan kambing etawa super adalah ketekunan dan kesabaran, belajar dari para peternak senior yang sudah terlihat track recordnya juga perlu, jadi memang harus banyak-banyak mencari ilmu tambahan. Semangat adalah pada intinya!! Salam Sukses Mitra Budidaya!!

Artikel Terkait Tentang Budidaya Kambing



Demikian tips yang saya bagikan tentang Kambing Etawa Super Pemenang Kontes Terbaik Di Indonesia, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Pakan Ternak Kambing Fermentasi Jerami Efektif Dan Murah Tanpa Ngarit.