Cara Merawat Bibit Lele Sangkuriang Untuk Menciptakan Bibit Unggul

Karena diibulan ramadhan ini banyak sekali ditempat saya tinggal, yaitu Desa Pesagen, Kecamatan Gunungwungkal, Kota Pati para pemuda sekitar sedang merintis usaha budidaya ikan lele sangkuriang. Sebagai yang pertama budidaya ikan lele didareah saya, saya akan memberikan ulasan tentang Cara MerawatBibit Lele Sangkuriang Untuk Menciptakan Bibit Unggul. Peluang usaha ini memang sangat menjanjikan, namun sukses tidaknya usaha budidaya ikan lele tergantung pada benih yang akan kita tebar dikolam pembesaran. Untuk menghasilkan bibit ikan lele yang unggul selain dari pemijahan sepasang induk unggulan tentunya juga perawatan yang diberikan kepada bibit ikan lele itu sendiri.
Hasil Merawat Bibit Lele Sangkuriang Untuk Menciptakan Bibit Unggul

Tidak mudah memang untuk merawat bibit lele sangkuriang yang masih sangat kecil ini, jika tidak cocok dengan suhu air, kolam perawatan, dan juga pakan yang kita berikan bibit lele akan stress dan akan menimbulkan kematian. Ikan lele sangkuriang menjadi pilihan para mitra budidaya untuk proses pembesaran, karene jenis ikan lele ini cepat untuk tumbuh dan harganyapun stabil. Bibit ikan lele yang unggul tentunya akan mendorong tingkat keberhasilan seorang pembudidaya pembesaran ikan lele dan mampu untuk mencapai target yang sudah direncanakan sejak awal.

Jika kita mampu untuk melakukan pemijahan terhadap para indukan lele kita sendiri, dan mampu menciptakan bibit lele yang unggul, tentunya keutungan yang akan kita dapatkan lebih maksimal. Para pengusaha bibit lele untungnya sangat banyak, dan itu mereka hanya bermodalkan ahli dalam memijahkan indukan dan perawatan untuk bibit lele itu sendiri. Tujuan kita adalah membuka peluang usaha budidaya ikan lele tanpa harus membeli bibit dari agen penjual bibit lele, pengurangan biaya tentunya kita dapatkan. Dengan itu semua saya akan memberikan Cara Merawat Bibit Lele Sangkuriang Untuk Menciptakan Bibit Unggul, perhatikan tips dibawah ini :

Cara Merawat Bibit Lele Umur 1 - 4 Hari

Pada masa ini bibit baru saja melewati masa-masa penetasan, jadi ditahap umur ini larva kecil ikan lele ini akan mudah stress, berubahnya suhu air dapat menyebabkannya dan bahkan bisa menimbulkan kematian. Untuk itu tugas kita adalah selalu mengkontrol suhu air, hindarkan dari panas matahari dan berikan aliran air kecil (bisa dari peralon/selang) dan juga berikan sirkulasi pembuangan air pada kolam perawatan ini.

Lubang pembuangan air sebelumnya harus dilapisi dengan semacam saringan agar bibit lele tidak keluar dan ikut terbuang oleh air, saringan bisa berupa kain selambu atau kais halus. Untuk pemberian makanan bisa kita beri makanan sampingan alami dengan cara menyuburkan kolam agar plankton / makhluk mikroorganisme kecil lainnya, namun jangan terlalu banyak karena pada masa umur ini bibit lele masih memiliki bekal makanan dari kuning telur sebelum menetas.

 Cara Merawat Bibit Lele Umur 5 - 15 Hari

Jika bibit lele sudah melewati hari ke empat, yaitu sudah memasuki hari ke-5  pemberian pakan lebih mudah karena bibit-bibit ini sudah doyan makan karena sudah lapar bekal makanan dari telur sudah habis pada masa ini. Pemberian pakan bisa memakai cacing sutera, jentik nyamuk, dan kuning telur ayam bisa diberikan secara rutin, namun jangan terlalu banyak untuk pemberian jenia makanan jentik nyamuk dan telur ini.

Karena jika terlalu lama jentik nyamuk yang tidak termakan akan menetas menjadi nyamuk dan kuning telur yang tidak habis akan membuat air menjadi kotor. Untuk itu kita juga diharuskan menjaga kondisi air, jika kiranya sudah kotor dan keruh buang 50% air kolam dan isi lagi hingga memasuki ketinggian 60cm. Penggantian air bisa dilakukan dengan 70% agar air kolam lebih bersih dan sehat, sekali lagi saya ingatkan air yang bagus asalah air sumur.

Cara Merawat Bibit Lele Umur 16 - 25 Hari

Untuk bibit lele yang sudah memasuki umur 16-25 hari akan lebih mudah dalam hal pemberia pakan, kita sudah bisa mengenalkannya dengan pelet serbur khusus untuk bibit ikan, serbuk pelet itu bisa kita dapatkan dengan membelinya ditoko pertanian terdekat. Pemberian pakan jenis pelet ini sebaiknya diberikan 30% dari jumlah benih yang ada didalam kolam, tentunya dengan kira-kira dan insting seorang pembudidaya ikan lele, jika para benih masih memakannya dengan lahap bisa kita berikan terus menerus hingga benih-benih ini kenyang dan sudah tenang tidak berebut makanan. Untuk jadwal pemberian yang baik adalah 4x dalam sehari, Tapi ingat jangan sampai kebanyakan dalam memberikan takaran, karena sisa makanan dapat mengotori air dan bisa mencadi racun.

Jika sudah memasuki umur 25 hari, bibit lele sudah semakin besar, dan tentunya agar tidak terlalu sempit harus kita pindahkan kekolam yang lebih besar atau dijadikan 2 tempat. Hal itu bertujuan untuk memberikan ruang gerak bibit lele karena sedang aktif-aktifnya, ingat salah satu tanda bibit unggul adalah aktif bergerak. Selain itu pemindahan ini bertujuan untuk menghindari kanibalisme antar bibit lele, karena bibit sudah semakin besar.

Cara Merawat Bibit Lele Umur 26 - 30 Hari

Jika bibit lele sudah memasuki umur 26 sampai 30 hari, bibit-bibit ini sudah bisa ita berikan pakan berupa pelet kecil berjenis F-1000, tanyakan di toko pakan ternak pasti tahu tentang jenis pakan ini. Pemberian pakan jika sudah memasuki umur ini dapat kita berikan 3 kali dalam sehari, namun ingat jangan sampai kebanyakan. Selain itu pada umur ini sudah dapat kita lakukan seleksi pemindahan kolam yang lebih besar, bibit yang lebih besar kita taruh dalam 1 kolam agar tidak mengganggu bibit lain yang masih kecil, karena bibit kecil ini akan selalu kalah dalam perebutan makanan atau bahkan menjadi korban kanibalisme lele yang lebih besar.

Cara Merawat Bibit Lele Umur 31 - 40 Hari

Usisa 31-40 hari adalah waktu pemanenan bibit, seleksi total pada usia ini sudah bisa kita lakukan. Seleksi ini dilakukan untuk memisahkan bibit-bibit yang lebih besar untuk siap dimasukkan pada kolam pembesaran ikan lele. Seleksi dapat kita lakukan dalam 2 kali sehari antara pagi dan sore, hal ini bertujuan agar bibit lele tidak stress dengan gangguan manusia. Untuk pemberian pakan pada masa usia tersebut dapat kita beri makanan berupa pelet dengan jenis F-999, pemberian dapat dilakukan dengan 3-4 kali sehari, tergantung kondisi bibit-bibit ini, dan di masa ini bibit lele ukuran 5-6 sudah bisa kita dapatkan dan siap untuk masuk dalam kolam pembesaran budidaya ikan lele.


Saya rasa cukup ulasan tentang Cara Merawat Bibit Lele Sangkuriang Untuk Menciptakan Bibit Unggul sampai disini, hal kecil untuk membuat dan merawat bibit lele dengan sendiri ini memang dianggap sebagai hal kecil dan tidak penting, karena bisa didapatkan dengan membeli bibit ikan lele ditempat agen benih lele lingkungan terdekat Anda. Jadi jika Anda sudah mengetahui cara merawat guna mendapatkan bibit unggul setelah membaca ulasan ini, segera ciptakan sendiri benih yang akan Anda besarkan agar meminimalisir biaya modal awal budidaya ikan lele. Semoga sukses!!

Demikian tips yang saya bagikan tentang Cara Merawat Bibit Lele Sangkuriang Untuk Menciptakan Bibit Unggul, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Jenis Pakan Ikan Lele dan Cara Pemijahan Ikan Lele Dengan Mudah Untuk Pemula.

0 Response to "Cara Merawat Bibit Lele Sangkuriang Untuk Menciptakan Bibit Unggul"

Post a Comment