Budidaya Cacing Rambut Sukses Hanya Dengan 4 Langkah

Budidaya Cacing Rambut

Berikut ini merupakan penjelasan lengkap tentang cara budidaya cacing rambut, di era yang sangat modern ini memang banyak peluang usaha yang muncul hampir tak terduga, dari sesuatu masalah yang kecil yang tidak terlihat kasat mata sampai dengan benda atau hal yang sebagian orang anggap menjijikkan juga masuk dalam kategori peluang usaha. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang bagaimana caranya sukses untuk budidaya cacing rambut. Pada pembahasan ini sebenarnya sangat banyak mengenai usaha budidaya yang relatif mudah namun memiliki tingkat penghasilan yang lumayan, namun kali ini kita akan fokus untuk membahas tentang budidaya cacing rambut.

Cara Budidaya Cacing Rambut

Budidaya cacing rambut ini memang masuk dalam kategori usaha yang mudah dan tentunya bisa menghasilkan pundi pundi rupiah yang tinggi, memang usaha sampingan seperti ini adalah aneh, bagaimana tidak!! Cacing kok di pelihara dan bahkan di jual!!

Lalu apa jawaban untuk pertanyaan tersebut? Jawabannya sangat mudah, justru cacing rambut ini sangat diminati di pasaran, untuk pakan ikan hias dan juga pakan bibit ikan/binatang air lainnya untuk  budidaya. Cacing sangat bagus untuk nutrisi ikan, karena di dalam tubuh cacing mengandung banyak nutrisi yang sangat bagus untuk ikan. Semakin banyaknya peminat ikan hias, kura-kura, lobster, dan binatang air lainnya juga memerlukan cacing sebagai pakan yang berkualitas untuk pertumbuhan, namun mereka kesusahan untuk mendapatkan stok cacing rambut, mulai dari mencari di selokan dengan menyuruh kuli sampai dengan membelinya. Dan karena saking banyaknya penggunaan cacing rambut sebagai pakan, maka para penangkar ikan kekurangan akan cacing rambut, jadi budidaya cacing rambut sangat tepat untuk solusi tersebut.

Jika sudah membahas cacing, maka jangan ada rasa jijik, takut, dan lain sebagainya yang menghambat interaksi kita kepada cacing rambut yang nantinya akan kita ubah menjadi pundi-pundi rupiah. Dan karena semua itulah sekarang budidaya cacing rambut menjadi topik hangat di lingkungan masyarakat, kita sebagai jiwa muda yang mempunyai banyak kreasi jangan mau ketinggalan, mari kita memulai untuk budidaya cacing rambut.

Untuk seorang pembudidaya cacing rambut tentunya harus mengetahui teknik dasar untuk pemula, sebenarnya untuk budidaya cacing rambut tidaklah serumit yang Anda bayangkan, cukup simpel dan seperti pada judul “Budidaya Cacing Rambut Sukses Hanya Dengan 4 Langkah”. Mulai dari persiapan bibit, media, perawatan, dan pemenenan adalah poin penting yang harus kita pelajari pada pertemuan kali ini. Untuk persiapan bibit tentunya bisa mudah kita siapkan dengan cara membeli di toko pakan burung atau mengambil langsung di alam bebas. Baiklah dibawah ini adalah 4 langkah budidaya cacing rambut untuk pemula :

Cara Pembuatan Media Budidaya Cacing Rambut

Yang di maksud pada kali ini adalah tentang persiapan membuatkan media tumbuh dan juga wadah (kandang). Sangat mudah memang dalam mempersiapkan media/kandang untuk budidaya cacing rambut, tempat atau lokasi dapat di buat pada lahan yang sempit, dan tentunya pembuatan media tidaklah banyak memakan biaya. Pembuatan media ini dapat juga di buat dengan terpal, atau kubangan/kolam dalam tanah, jika untuk yang lebih baik dan tahan lama, bisa menggunakan kolam permanen dari tembok. Untuk wadah/kandang ini juga bisa terbuat dari rak bertingkat yang bahkan dapat lebih ringkas lagi skemanya, tidak memakan banyak tempat.
Kolam Budidaya Cacing Rambut
Dalam pembuatannya tidaklah perlu besar, cukup dengan ukuran 1 x 2 meter sudahlah bagus untuk memulainya, selanjutnya adalah dengan membagi/menjadikan petakan dengan masing-masing berukuran 20 x 20 cm dengan tinggi 10 cm, dengan konsep setiap bagian/petaknya di beri saluran penghubung dengan ukuran berdiameter 1 cm. Yang paling penting adalah pastikan sirkulasi keluar masuknya air harus tetap terjaga, untuk sirkulasi ini tidaklah perlu dengan debit air yang besar, cukup dengan percikan yang mampu membuat sirkulasi air berjalan.

Cara Persiapan Bibit Budidaya Cacing Rambut

Semua budidaya cacing tentunya memerlukan bibit sebagai biang awal yang nantinya akan berkembang biak menjadi khalayak banyak dan akan kita budidayakan. Pada cacing rambut sama dengan cacing lainnya dalam pembudidayaannya, memerlukan bibit awal sebagai langkah awal untuk memulai pembudidayaannya. Untuk mendapatkan bibit cacing rambut ini sangatlah mudah, kita dapat menangkapnya dari alam bebas seperti pada selokan/got/sungai. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan penangkapan sendiri di alam bebas, mungkin dikarenakan malas atau bahkan tidak ada area yang dihuni para cacing rambut maka kita dapat membelinya di toko ikan hias, toko alat pancing, atau toko pakan ternak.

Jika bibit sudah bisa kita dapatkan, selanjutnya adalah melakukan perawatan khusus kepada calon bibit yang nantinya kita budidayakan yanitu dengan mengkarantina terlebih dahulu sebelum memasukkannya kedalam media budidaya. Mengapa demikian? Karena trik ini di lakukan untuk mencegahnya bakteri patogen yang di bawa di dalam tubuh cacing rambut yang telah kita siapkan untuk budidaya. Jika sudah di karantina selama setidaknya satu hari, selanjutnya cacing-cacing itu sudah dapat kita masukkan langsung kedalam media yang telah kita siapkan.

Cara Pemeliharaan Budidaya Cacing Rambut

Setelah media dan bibit telah kita siapkan, selanjutnya yang perlu kita siapkan adalah melakukan cara budidaya cacing rambut yang baik dan benar karena hal ini tentunya adalah faktor penting yang nantinya akan mempengaruhi hasil panen.  Pemeliharaan di mulai dengan menyiapkan bibit dan kolam/kubangan jika keduanya sudah siap, selanjutnya adalah memasukkan bibit, namun sebelum memasukkan bibit hendaknya kolam/kubangan di isi dengan sedikit lumpur dan jemur hingga kering. Dan jangan lupa kolam/kubangam harus di bersihkan terlebih dahuli dari rumput yang ada di kolam/kubangan dan juga membersihkan dari binatang air yang berpotensi menjadi hama seperti keong, kijing, dan binatang lainnya.

Setelah kolam/kubangan benar-benar kering, lalu pastikan di dalamnya tidak ada benda keras yang akan membuat tempat tinggal cacing rambut tidak nyaman seperti; batu, bata, kayu, dan benda lainnya menyisakan lumpur kering. Kontruksi kolam/kubangan tempat budidaya cacing rambut yang tepat adalah dengan membuatnya di tenpat yang datar, ketika memasukkan lumpur juga sebaiknya di ratakan.

Yang perlu di perhatikan adalah saluran sirkulasi air, jadi keluar masuknya air di kolam/kubangan penampungan cacing rambut memang sangat penting, hal ini adalah bertujuan untuk menjaga pH air. Dalam pembuatan saluran pembuangan dan pengisian sebaiknya menggunakan pipa yang berukuran 2 inci, tentunya panjang pipa menyesuaikan kebutuhan. Kolam yang ideal adalah dengan lebar 8 x 1,5 dan tinggi kedalaman 30cm dengan pembagian/pemetakan 20x20.

Dalam cara pembudidayaan cacing rambut faktor yang paling utama adalah tentang bagaimana menyiapkan kolam/kubangan yang benar, tentunya hal ini sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangbiakan cacing itu sendiri. Setelah mengisi kolam dengan lumpur (lumpur di ambil dari kolam/selokan yang memiliki kandungan organik yang tinggi) dan mengeringkannya, tahap selanjutnya adalah memasukkan bahan orgnaik yang di sukai cacing seperti; limbah dapur organik, kotoran ternak, bangkai ternak.

Namun kali ini saya akan membeberkan bagaimana jika membuat media tumbuh cacing rambut dengan menggunakan lumpur yang mengandung organik tinggi dan dengan kotoran ayam sebagai medianya. Caranya adalah jika kolam sudah di isi dengan lumpur dan di keringkan, masukkanlah kotoran ayam sekitar 3 karung yang berukuran pakan ikan dan ratakanlah. Selanjutnya menggenangi kolam tersebut dengan air dengan ukuran maksimalnya adalah 5 cm. Dan untuk mencegah kolam/kubangan dari tumbuhnya rerumputan maka pasang atap/penutup pada bagian atas kolam budidaya cacing rambut.

Setelah pengisian kotoran ayam dan penggenangan air, didamkan kolam tersebut setidaknya dengan kurun waktu satu minggu lamanya, karena hal ini adalah cara paling bagus untuk menghilangkan gas berbahaya kotoran ayam musnah. Selanjutnya bibit cacing rambut bisa ditebarkan, dan sebaiknya penebaran di lakukan dengan secara merata.

Cara Panen Budidaya Cacing Rambut

Sekarang adalah tahap yang sangat kita tunggu-tunggu, merubah cacing rambut menjadi pundi-pundi rupiah kini sudah saatnya, dan keuntungan pertama yang akan kita dapatkan telah hadir. Untuk jangka waktu pemanenan cacing rambut sangatlah sebentar, dengan jangka waktu 8-10 hari terhitung sejak pertama menebarkan bibit, cacing ini sudah dapat di panen. Namun tentunya hal ini juga dengan tata cara budidaya/pemeliharaan yang baik dan benar, mengenai persiapan media, pembuatan media tumbuh, penebaran bibit unggul, perawatan, dan jangan lupa sirkulasi masuk keluarnya air berperan penting dalam berhasil tidaknya budidaya cacing rambut.

Untuk cara pemasarannya, cacing rambut bisa kita jual di toko pakan ikan, toko ikan, biasanya toko peralatan pancing, atau kepada sanak saudara yang membutuhkan sebagai pakan ikan peliharaan. Tentunya sangat mudah dalam cara penjualannya, jangan anggap remeh para toko ikan/toko pakan ikan, sepanjang jalan bisa kita temui, bahkan untuk memenuhi kebutuhan satu kecamatan saja Anda sudah tidak mampu untuk menyediakan stok cacing rambut.

Catatan penting dalam cara budidaya cacing rambut yang baik dan benar adalah menjaga sirkulasi air pada kolam/kubangan, mengapa demikian? Hal ini sangat bagus untuk menjaga stabilitas pH air yang mempengaruhi kualitas panen!! Salam Sukses Mitra Budidaya!!

Di bawah ini adalah referensi tentang usaha budidaya cacing lainnya :
Demikian tips yang saya bagikan tentang Budidaya Cacing Rambut Sukses Hanya Dengan 4 Langkah, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Budidaya Cacing Lumbricus DenganCara Paling Efektif & Berhasil.

0 Response to "Budidaya Cacing Rambut Sukses Hanya Dengan 4 Langkah"

Post a Comment