Jenis Pakan Ikan Lele dan Cara Pemberian Yang Benar Untuk Meningkatkan Hasil Panen

Pemberian Pakan Ikan Lele Yang Baik Dan benar


Yang akan kita bahas sekarang ini adalah Jenis Pakan Ikan Lele dan Cara Pemberian Yang Benar Untuk Meningkatkan Hasil Panen hal ini kunci sukses berwirausaha budidaya ikan lele yaitu , karena lele bisa tumbuh dan cepat panen tergatung dari pakan yang telah kita berikan sehari-hari. Lele merupakan ikan yang gemar makan, dia tidak banyak bergerak dan hanya bergerak seperlunya saja. Lele tidak seperti ikan air tawar lainnya yang mempunyai karakter aktif mencari makanan untuk kelangsungan hidupnya.

Pelet Sebagai Pakan Utama Untuk Ikan Lele


Jadi jika kita dengan asal atau sembrono memberikan pakan terhadap ikan lele peliharaan kita maka hasilnya sudah bisa kita lihat yaitu kegagalan, untuk itu para mitra budidaya harus cermat dalam pembelian dan pemberian pakan untuk ikan lele.

Saat ini banyak pelet/pakan yang ada dipasaran, jadi dengan adanya persaingan bebas ini, kita dapat memilih pakan ikan lele yang bagus untuk pertumbuhan lele yang kita budidaya. Memang pakan menjadi modal vital pada usaha budidaya ikan lele, jika membeli maka akan mengeluarkan uang disaku kita, jika ada kesempatan di lain pertemuan saya akan memberikan tips cara pembuatan pakan ikan lele yang baik dan benar agar para mitra usaha budidaya ikan lele sukses dalam hal panen.
Selain pakan yang kita berikan terhadap ikan lele, kondisi air dan lokasi kolam juga berpengaruh terhadap suksesnya budidaya ikan lele itu sendiri dan pola waktu pemberian pakan yang tepat adalah kunci sukses budidaya ikan lele. Dan yang perlu Anda ketahui pakan ikan lele yang sering dugunakan oleh para pembudidaya ikan lele adalah sebagi berikut.

Jenis-Jenis pakan yang bagus untuk pertumbuhan ikan lele

1. Pakan berjenis pelet

Pelet merupakan pakan ikan lele yang bisa sangat mudah kita jumpai, banyak di toko pertanian dan peternakan dapat kita jumpai jenis pakan ini. Banyak yang membuat dan menjual pelet, tetapi yang akan kita pilih adalah pelet buatan pabrikan karena mengandung campuran dari berbagai macam tepung (terigu, ikan, tulang, daging) bungkil kedelai dan kelapa, mineral, dedak, minyak dan tambahan beberaoa vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan lele.

Pakan Ikan Lele Bersifat Mengapung


Pelet tersedia 2 macam yaitu pelet mengapung dan pelet tenggelam, kedua juga bagus untuk pembesaran ikan lele, dengan bersifat mengapung membuat lele harus menjemput kepermukaan air sedangkan tenggelam mereka hanya berebut pakan di dangkal kolam. Jadi menurut saya boleh boleh saja memilih diantara kedua jenis pelet ini karen seperti yang kita ketahui, pelet buatan pabrik kaya akan gizi yang berguna untuk ikan lele.

Pakan Ikan Lele Bersifat Tenggelam


Tetapi saya menganjurkan untuk Anda para pembudidaya ikan lele untuk memilih pakan mengapung, kenapa? karena pakan ini mengandung protein yang lebih tinggi dari pelet yang berkarakter tenggelam. Tentunya protein ini sangat diperlukan oleh ikan lele untuk mempercepat pertumbuhan dan masa panen, Sedangkan pelet pabrikan yang tenggelam saya anjurkan untuk memerikan pada masa menjelang panen/lele sudah dewasa.

2. Beberapa pakan tambahan

Pakan tambahan ikan lele memang tidak bersifat sangat penting, tapi bukan berarti tidak penting. Pakan tambahan ini sering diberikan oleh para suksesor pembudidaya ikan lele dua minggu sebelum panen. Pakan tambahan yang akan kita berikan juga yang mengandung protein tinggi, dengan catatan pakan tambahan tidak banyak menguras kantong kita.

Pakan tambahan yang bagus adalah yang barbau daging seperti ayam tiren atau ikan murah yang dijual disapasaran, ikan ini yang tidak layak untuk dikonsumsi dan banyak digunakan untuk pemberian itik petelur. Ikan seperti ini bisa kita dapat melalui TPA (tempat pelelangan ikan).
Pakan tambahan tersebut sangat bagus diberikan saat ikan lele menjelang panen, untuk mempercepat pertumbuhan dan membuat daging lebih lezat tentunya.

3. Jenis Pakan Alami

Pakan alami untuk ikan lele sangatlah banyak dan kita tidak perlu membelinya ditoko, pakan ini juga mengandung protein yang tinggi dan tentunya disukai dan berguna untuk mempercepat masa pemanenan. Pakan alami yang saya maksud adalah seperti cacing sutera, cacing tanah, kutu air, jentik nyamuk, dan lain sebagainya masih banyak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Nah, untuk memberi tambahan pakan tambahan bersifat alami ini bisa melalui mikroorganisme lain yang tumbuh didalam air kolam, dan hal ini tentunya tidak dapat hidup begitu saja, karena jika ingin membuat tumbunya mikroorganisme harus dilakukan pengomposan kolam, dan hal itu tentunya sudah kita siapkan sebelum pendederan benih ikan lele.

Untuk membuat mikroorganisme ini tumbuh, sebaiknya kita tidak melakukan penggantian air kolam, dan hanya memambahi volume air jika sudah berkurang karena penguapan saja.

Aturan Yang benar Pemberian Pakan Lele

  1. Pemberian pakan untuk pelet berjenis mengapung :
·         Pelet berjenis mengapung sebelum diberikan harus diberi sedikit air, tempatkan pelet alam wadah an beri sedikit air lalu diaduk secara merata dan diamkan 20 menit sebelum pakan diberikan. Hal ini tentunya untuk membuat pelet lebih kenyal dan mudah untuk dikosumsi si ikan lele.

·          Tebarkan secara merata di keseluruhan kolam, berikan perlahan agar kita dapat melihat berapa lama ikan-ikan kita menghabiskan pelet tersebut. Hentikan jika lele sudah lamban menjemput makanan, telihat air tenang dan lele tidak berebut makanan. Dengan kata lain jangan hentikan penebaran pakan sebelum semua lele tenang (kenyang).

  1. Pemberian pakan untuk pelet berjenis tenggelam :
·         Tidak perlu mebahasi pakan (pelet) yang berjenis tenggelam (langsung berikan)
·         Tebarkan pelet/pakan disatu titik, dan itu bertujuan agar lele mengetahui jika tempat Anda biasa meberi pakan, dan selanjutnya dia akan menghafal tempat itu. Jangan hentikan pemberian pakan sebelum lele kenyang (air tenang tidak ada yang berebut pakan.

Waktu Yang Benar Untuk Pemberian Pakan Ikan Lele

Agar pertumbuhan lele normal dan cepet besar, pemberian pakan harusnya dilakukan 4 sampai 6 kali memberi pakan dengan pembagian waktu :
  • -4 kali sehari dengan pembagian yaitu pukul : 09.00, 13.00, 17.00, 21.00
  • 6 kali sehari dengan pembagian yaitu pukul : 09.00, 12.00, 15.00, 17.00, 19.00, 21.00
  • Pemberian pakan terserah kita ingin memilih jadwal pemberian yang mana dari pembagian waktu diatas, tetapi Anda harus konsisten memlilih salah satu diantaranya sampe lele memasuki waktu panen.
Beberapa Larangan Pemberian Pakan Ikan Lele
  • Harus ditak memberi pakan berlebihan karena pakan yang tersisa akan menyatu dengan air menjadi amoniak yang bahaya dan dapat meracuni lele bahkan mematikan.
  • Jangan pernah mengobok-obok kolam dalam waktu apapun, jika berkepentingan untuk mengambil ikan untuk dimasak, gunakan cara pemancingan agar lele yang lain tidak stres, mengobok-obok air membuat lele stres dan susah untuk tumbuh besar.
  • Disaat sedang turun hujan jangan pernah memberi pakan ikan lele.
  • Jangan memberi pakan saat waktu masih sangat pagi (fajar) menurut penelitian hal ini dapat menyebabkan lele terkena radang insang  dan bisa memperlambat pertumbuhan lele atau bahkan kematian.

Demikian jenis pakan ikan lele dan cara pemberian yang benar, diatas adalah langkah mudah yangmembantu Anda agar sukses dalam dunia budidaya ikan lele, jadi kesimpulan suksesnya seorang wirausaha ikan lele ini adalah "pakan", pakan menjadi hal penting dalam hidup ikan lele. Pemilihan pakan yang baik yang mengandung proteon tinggi sangat bagus untuk pertumbuhan ikan lele, selain itu tentunya pemberian pakan juga harus beraturan sesuai jadwal pembagian yang saya sebutkan diatas. Maju terus para pengusaha ikan lele!!

Demikian tips yang saya bagikan tentang Jenis Pakan Ikan Lele dan Cara Pemberian Yang Benar Untuk Meningkatkan Hasil Panen, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Cara Budidaya Ikan Lele Dengan Kolam Terpal Dengan Hasil Panen Yang Memuaskan.

0 Response to "Jenis Pakan Ikan Lele dan Cara Pemberian Yang Benar Untuk Meningkatkan Hasil Panen"

Post a Comment