Cara Merawat Kenari Agar Gacor, Sehat, Dan Lincah

Cara Merawat Kenari

Cara merawatKenari masing-masing orang adalah berbeda namun saat ini saya akan memberikan tips bagaimana cara merawat yang baik agar Burung Kenari menjadi gacor, sehat dan juga lincah. Dengan naik daunnya Burung Kenari di tanah air, namun pastinya banyak para penghobi kicau mania yang masih juga ada yang belum memelihara Burung Kenari di rumah, hal ini pastinya ada yang di sebabkan karena belum mengetahui secara pasti bagaimana cara merawat kenari yang benar. Jika benar demikian, maka sangat tepat bila Anda berada di sini karena saya akan memberikannya secara lengkap dan jelas.
Cara Merawat Kenari
Sebenarnya banyak keuntungan yang di dapatkan apabila melakukan perawatan Burung Kenari dengan tepat, selain akan menjadi sumber bunyi yang indah di telinga saat pagi hari di rumah Anda, jika perawatan memang sudah tepat maka Burung Kenari Anda akan berpotensi ikut kontes. Saat ini beberapa kontes Burung Kenari ramai di selenggarakan bahkan mencakup seluruh pelosok-pelosok Negri sudah ramai menyelenggarakannya. Dari tingkat kampung hingga tingkat Internasional, untuk itu mari untuk melakukan perawatan Burung Kenari dengan benar.

Sebenarnya sangat mudah di dalam melakukan cara merawat Kenari yang benar, perawatan hanya berkaitan dengan kandang, pakan, serta beberapa gangguan yang dapat memicu stress pada Burung Kenari. Baiklah di dalam cara merawat burung kenari kali ini adalah 10 hal yang harus di kerjakan agar Burung Kenari menjadi gacor, sehat, dan lincah.

Cara Merawat Kenari Agar Gacor

burung Kenari gacor merupakan idaman semua orang, terutama para kicau mania yang sangat mengagumi burung kecil yang indah ini. Tentunya hewan peliharaan apapun agar maksimal dalam kelangsungan hidupnya membutuhkan perawatan yang baik, lebih-lebih jika hewan tersebut ingin di budidayakan maka tentunya harus lebih sehat supaya produktifitasnya tinggi.
Cara Merawat Kenari Dengan Memberi Pakan Dan Multivitamin dan Multimineral
Perawatan untuk Burung Kenari ini sebenarnya juga cukup sederhana, Burung Kenari sebenarnya hanyalah membutuhkan beberapa hal penting seperti pakan pokok, tambahan, multivitamin, multimineral, kebersihan kandang, penecegahan penyakit, dan pemotongan kucu yang sudah memanjang. Baiklah di bawah ini adalah 10 cara agar Burung Kenari semakin gacor dan siap untuk di konteskan!!

1.    Hindarkan Burung Kenari Dari Angin (Hembusan Angin Langsung)

Poin pertama dalam cara merawat kenari adalah peletakan kandang/sangkar Burung Kenari harus di area yang tidak terkena hembusan angin secara langsung, hal ini berlaku apabila meletakkan di luar rumah ataupun di dalam rumah. Tempat-tempat yang di maksud adalah seperti pada area luar rumah pada lokasi yang tidak ada penghambat angin seperti pepohonan atau penghambat lainnya, jika di dalam rumah seperti menaruh kandang Burung Kenari pada jendela, pintu, kipas angin, atau tepat lain yang masih di hembus angin kencang secara langsung.

Burung Kenari akan lebih mudah terserang penyakit apabila terkena hembusan angin kencang secara langsung. Cara untuk mengetahui apakah tempat peletakan kandang Burung Kenari sudah tepat atau belum dapat di tes dengan lilin menyala yang di taruh di depan kandang, jika api pada lilin terus bergerak secara liar dan bahkan langsung mati maka segera pindahkan Burung Kenari dari tempat tersebut. Hal sepele seperti ini biasanya yang di remehkan oleh para kicau mania, mulai sekarang peletakan kandang Burung Kenari Anda harus tepat yaitu tidak terkena hembusan angin kencang secara langsung.

2.    Hindarkan Burung Kenari Dari Sinar Matahari Langsung

Menempatkan kandang Burung Kenari pada area yang terkena panas secara langsung sangat berbahaya pada Burung Kenari, lebih-lebih jika cuaca sedang terik. Hal seperti ini dapat mengakibatkan fatal dengan terjadinya kematian pada Burung Kenari karena terkena heat stroke. Namun apabila penjemuran Burung Kenari di lakukan pada kondisi cuaca yang tepat, seperti pada saat mentari pagi bersinar maka akan mendapatkan banyak manfaat.

Waktu penjemuran Burung Kenari yang sangat bagus adalah saat sinar matahari pada pagi atau sore hari. Penjemuran juga bisa di lakukan pada saat siang hari, namun dalam kondisi seperti ini maka Burung Kenari  harus selalu dalam pantauan. Apabila Burung Kenari sudah terlihat kepanasan maka segera pindahkan sangkarnya pada tempat yang teduh. Solusi lainnya jika menjemur Burung Kenari pada siang hari dapat di berikan penutup sebagian pada sangkarnya.

3.    Selalu Menyediakan Air Bersih Pada Kandang

Cara merawat kenari juga termasuk selalu memperhatikan air bersih untuk minuman Burung Kenari adalah termasuk salah satu hal yang sangat penting, karena Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung yang mempunyai metabolisme tubuh yang tinggi, jadi Burung Kenari tidak akan mampu bertahan tanpa minum lebih dari 24 jam.

Dalam pemberiannya sebaiknya tidak di ambilkan dari keran/bak langsung yang banyak mengandung kaporit. Lebih baik menggunakan air bermerek atau air isi ulang agar Burung Kenari tetap sehat dan bugar.

4.    Selalu Menyediakan Pakan Berupa Biji-Bijian Pada Kandang

Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung yang makanan pokoknya adalah biji-bijian, hal ini juga sesuai dengan bentuk paruhnya sebai kodrat burung pemakan biji-bijian. Untuk itu di setiap harinya harus di sediakan pakan berupa biji-bijian yang cukup agar sewaktu-waktu Burung Kenari dapat memakannya.

Pakan biji-bijian yang bagus dan sangat umum di gunakan untuk pakan Burung Kenari adalah seperti : canary seed, millet dan niger seed, lebih bagus apabila pakan Burung Kenari setiap harinya adalah kombinasi dari tiga macam pakan biji-bijian tersebut. Pakan biji-bijian merupakan pakan pokok yang harus di lakukan apabila akan cara merawat kenari.

5.    Memberikan Pakan Tambahan Untuk Burung Kenari

Cara merawat kenari  adalah juga memberikan pakan tambahan untuk melengkapi makanan pokok, pakan tambahan untuk Burung Kenari juga merupakan hal yang penting, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya Burung Kenari juga memerlukan pakan tambahan. Pakan tambahan juga berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang beraneka ragam yang di butuhkan oleh Burung Kenari, selain itu pakan tambahan dapat memberi selingan pakan agar Burung tidak bosan dan setres. Pakan tambahan dapat di berikan dengan egg food yang banyak mengandung protein, pakan tambahan ini sangat bagus di berikan agar meningkatkan reproduksi pada Burung Kenari.
Selain pakan tambahan yang kaya akan kandungan protein Burung Kenari juga di beri pakan tambahan berupa buah dan sayur seperti : apel, brokoli, selada, dan wortel.

6.    Memberikan Mulivitamin Dan Suplemen Untuk Burung Kenari

Memang pakan pokok biji-bijian seperti canary seed, millet dan niger seed dan juga pakan tambahan seperti sayuran dan buah-buahan telah mengandung vitamin. Namun apabila kita hanya memberikan pakan pokok dan tambahan di setiap harinya maka kita tidak tahu seberapa banyak vitamin yang di butuhkan oleh Burung Kenari, selain itu kita juga tidak tahu kandungan vitamin apa saja yang sudah kita berikan melalui pakan biji-bijian dan tambahan tersebut. Karena Vitamin ini berbeda dengan energi metabolisme, protein, lemak dan serat kasar yang dapat di kira-kira dari formula ransum yang diberikan dari jenis-jenis pakan seperti canary seed, millet, niger seed, selada, wortel, sampai apel. Dari tipe susunan ransum seperti biasa yang dilakukan oleh para peternak ayam, Kita tentunya dapat mengira-ngira berapa banyak energi metabolisme, kadar protein, lemak, dan serat kasar yang dikonsumsi Kenari pada setiap harinya.

Tetapi karena Vitamin tidaklah demikian,  untuk itu para peternak dan penangkar burung yang sudah berpengalaman pada umumnya untuk memperoleh asupan vitamin dan suplemen yang cukup untuk kebutuhan ternak unggasnya, maka memerlukan vitamin dan suplemen pabrikan yang dapat di beli di toko-toko ternak terdekat. Misalnya seperti produk Premix untuk unggas, dan untuk vitamin dan suplemen untuk memenuhi kebutuhan burung dapat di berikan suplemen pabrikan seperti BirdVit dan beberapa produk lainnya yang kandungannya sama.

Vitamin ini sangat penting untuk menunjang kesehatan pada Kenari, dan uniknya apabila vitamin yang di butuhkan kekurangan maka akan mengalami defisiensi dan gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin tertentu. Misalnya, jika Kenari mendapatkan vitamin A, dan C, namun tidak mendapatkan vitamin B dan D yang cukup, maka kenari akan mengalami defisiensi vitamin A dan C, dengan gejala klinis sesuai dengan gangguan tersebut (misalnya penglihatan terganggu dan kondisi tubuh selalu loyo).

Jika Burung mengalami kelebihan vitamin maka tidak menjadi masalah karena kelebihan tersebut tidak langsung di simpan di dalam tubuhnya seperti saat mendapatkan asupan seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Vitamin yang lebih akan langsung di keluarkan bersamaan dengan urine dan feces melalui kloaka.

Untuk itu kecukupan vitamin pada Burung Kenari harus selalu di penuhi dan tidak boleh kekurangan, namun jika kelebihan maka tidaklah menjadi masalah. Solusi tepat adalah memberikan produk-produk suplemen seperti BirdVit.

7.     Memberikan Mineral Yang Cukup Untuk Burung Kenari

Pentingnya mendapatkan asupan mineral pada setiap harinya membuat burung akan mengalami defisiensi mineral apabila kekurangan. Mineral hampir sama dengan vitamin yang terdiri dari beraneka ragam meliputi, zat besi (ferum), seng (zincum), kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan sebagainya. Burung membutuhkan kesemua jenis mineral untuk tubuhnya, Apabila kekurangan salah satu jenis tersebut maka burung akan mengalami defisiensi jenis tersebut.

Memang kebutuhan mineral tidaklah sebanyak nutrisi yang di butuhkan seperti, protein, lemak, serat kasar, dan energi metabolisme / karbohidrat. Burung membutuhkan lebih sedikit dari nutrisi yang di perlukan seperti yang saya sebutkan diatas.

Cara merawat kenari  seperti apa yang di lakukan oleh para penangkar burung pada umumnya menjadikan tulang sotong sebagai asupan mineral untuk burung, namun secara medis tulang sotong tidak bagus untuk di konsumsi burung apapun di setiap harinya. Kandungan Natrium Chlorida (naCl) atau garam terlalu banyak, jadi tentunya akan mengganggu pembuluh darah pada Burung Kenari/burung apa saja. Pertimbangan lainnya tulang sotong rasanya sangat asin sehingga tidak mungkin akan bisa di konsumsi di setiap harinya dan juga tulang sotong tidak mengandung mineral yang lengkap, jadi masih kurang.

Solusi yang tepat adalah memberi mineral dengan menggunakan produk multimineral bermerek yang di jual di toko-toko pakan burung. Salah satu jenis produk yang memiliki kandungan mineral yang cukup lengkap adalah BirdMineral, namun hal ini tentunya menjadi pilihan sebagai Anda yang berkuasa karena menjadi owner burung, apakah menggunakan tulang sotong atau produk multimineral bermerk.

8.    Menjada Kebersihan Kandang Burung Kenari

Seperti dalam hukum Islam, “Kebersihan Merupakan Sebagian Dari Iman”, bersih itu juga pangkal sehat, tentunya hal ini juga sama dengan kebersihan pada kandang burung kenari milik Anda. Untuk menjaga Burung Kenari agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit maka yang pertama harus di lakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan kandangnya setiap hari.

Cara merawat kenari ini sebenarnya mudah, hanya menjaga kebersihan kandang dari kotoran yang harus di bersihkan setiap harinya, lebih baik di bersihkan 2 kali di antara pagi dan sore, selain itu tempat pakan dan minum harus selalu di bersihkan minimal 1 hari sekali. Tenggeran juga harus di bersihkan dengan minimal 1 minggu sekali karena tenggeran ini akan bersentuhan langsung dengan kaki burung, di sisi lain burung juga akan mengusapkan paruhnya ke tenggeran.

9.    Mencegah Serangan Penyakit (kutu atau tungau)

Mencegah serangan parasit juga termasuk dalam cara merawat kenari yang benar, dan hal ini seperti banyak iklan di televisi yang menyebutkan bahwa mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati, hal ini juga seperti apa yang harus di lakukan pada Burung Kenari agar mencegahnya dari serangan kutu atau tungau.  Untuk mencegah parasit yang dapat mematikan burung secara berlahan ini dapat menggunakan produk pabrikan FreshAves. Tungau kantung udara ini dapat menyerang burung dengan masuk pada saluran pernafasan, hal ini akan menyebabkan burung kenari macet bunyi/berkicau, jadi untuk mencegah dan mengusirnya dapat menggunakan BirdFresh.

10.    Memotong Kuku Burung Kenari Yang Telah Panjang

Sama seperti kuku Manusia yang semakin lama akan semakin memanjang apabila tidak di potong, namun pada burung kenari kuku-kuku akan memanjang setelah kurang lebih berumur satu tahun. Dan pada umur ini tentunya adalah masa-masa bagus untuk reproduksi, jadi apabila ingin menjodohkan kepada sang betina maka kuku-kuku keduanya harus di potong. Terlebih untuk pejantan harus sudah di potong karena akan menyakiti sang betina saat kawin. Pemotongan dapat menggunakan pemotong kuku atau dengan gunting agar lebih aman.


Di atas merupakan Cara merawat Kenari yang sangat mudah dan sederhana, intinya memang perlu perawatan yang lebih jika ingin Burung Kenari menjadi semakin sehat, bugar, dan aktif bernyanyi. Perawatan yang baik akan menunjang semakin pandainya Burung untuk selalu berkicau dan menirukan kicau yang baru dari burung lainnya. Salam Sukses Mitra Budidaya!!

Artikel Terkait Tentang Budidaya Kambing
  1. Panduan Cara Ternak Kenari Lengkap Untuk Bisnis Dan Pemula
  2. Cara Merawat Kenari Agar Gacor, Sehat, Dan Lincah

Demikian tips yang saya bagikan tentang Cara Merawat Kenari Agar Gacor, Sehat, Dan Lincah, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Panduan Cara Ternak Kenari Lengkap Untuk Bisnis Dan Pemula.

0 Response to "Cara Merawat Kenari Agar Gacor, Sehat, Dan Lincah"

Post a Comment