Jenis Ikan Lele Yang Populer Dibudidaya Untuk Usaha Sampingan

Bicara masalah ikan tentunya sangat banyak sekali jenis ikan yang ada didunia ini, namun kali ini kita akan mengupas tuntas tentang JenisIkan Lele Yang Populer Dibudidaya Untuk Usaha Sampingan, yah ikan lele yang akan kita jadikan objek untuk menciptakan peluang usaha baru untuk menambah pundi-pundi rupiah. Dengan seiring berkembangnya jaman, ikan lele merupakan salh satu ikan yang banyak diperlukan untuk dikonsumsi, meningkatnya pasar ikan ini tentu akan menciptakan peluang baru untuk dibudidayakan. Ikan lele / Clarias Sp. Memang tidak asing dimata kita, ikan ini dapat kita jumapai dipasar-pasar, penjual sayur, dan juga rumah-rumah makan. Rasa yang has dari ikan ini membuat para ecinta kuliner untuk menggemarinya. Dan jenis ikan lele ini sangat banyak, dan untuk yang dapat dibudidayakan dan dikonsumsi tentunya jenis tertentu.
Ikan Lele Terbesar (Wels Catfish) - Tidak dibudidayakan di Indonesia

Jenis ikan lele yang mampu untuk dibudiayakan salah satunya adalah yang mempunyai sifat untuk cepet tumbuh besar dan mampu berkembangbiak ditempat yang tidak sesuai alamnya. Ikan ini banyak dijumpai diperairan asia-afrika, namun saat ini ikan lele dapat kita jumpai dirumah-rumah yang hanya dibudidaya/pembesaran dengan kolam terpal saja. Alasan kedua tentang jenis ikan lele yang dapat dibudidayakan adalah yang tahan terhadap penyakit atau yang memiliki daya penyesuain diri yang baik.

Saat ini ikan lele sudah banyak dibudidayakan mulai dari perdesaan, pantura, dan perkotaan. Ikan merupakan salah satu ikan yang kuat dan mampu beradaptasi dimanapun tempat ia hidup. Seperti contoh sekarang banyak petani ikan yang membudidayakn ikan lele di tambak bandeng/tambak bekas udang, lele ini mampu hidup di air asin sekalipun. Jika diakam bebas ikan lele hidup ditempat yang tenang dan teduh, seperti rawa, danau, dan sungai-sungai besar. Ikan lele merupakan ikan yang aktif dalam malam hari, disaat itulah ikan lele aktif untuk mencari makan dan juga mencari pasangannya untuk berkembang biak. Maka dari itu seperti pertemuan kemaran tentang cara pemijahan ikan lele yang baik adalah dilalukan dengan malam hari,

Ikan lele adalah salah satu air tawar yang berjenis karnivora (pemakan daging) namun dikondisi tertentu ikan lele ini bisa mengkonsumsi apa saja yang ada sisekitarnya. Termasuk pelet,nasi sisa rumah tangga, buah pepaya, daun pepaya, dan lain-lain. Namun pada dasarnya ikan ini adalah pemakan daging, tentunya untuk mencukupi kebutuhan protein untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Ikan lele juga memangsa ikan-ikan kecil yang ada disekitarnya, jika disungai dia bisa memangsa ikan kecil seperti, ikan wader, ikan sili, udang, dll.  Dalam kondisi kekurangan makanan ikan lele juga memangsa ikan lele lainnya yang lebih kecil (kanibal) karna ikan ini adalah ikan yang berjenis karnivora.

Cara ikan lele berkembang biak adalah dengan bertelur, dan pembuahan akan dilakukan diluar tubuhnya (memijah). Jika dialam bebes ikan ini akan berkembang biak pada musim hujan, dengan musim hujan kualitas air akan meningkat dan ketersediaan pakan akan melimpah. Selain itu untuk mendiring ikan lele memijah, ada faktor-faktor tertentu, ikan lele akan terangsang jika tanah yang kering akan terendam dengan air, dan itu sudah diteliti oleh para ahli, bau tanah kering yang terendam air akan meransang ikan lele untuk mengalami proses pemijahan. Dan untuk pemijahan yang dibantu oleh manusia dapat anda pelajari pada Cara Pemijahan Ikan Lele Dengan Mudah Untuk Pemula.

Jika dinegara kita ikan lele ini banyak dibudiayakan, dan hanya 2 jenis ikan lele yang umum dibudidayakan di negara kita yaitu spesies Clarias Batrachus dan Clarias Gariepinus. Dari kedua spesies tersebut tentunya ada jenis ikan lele yang dianggap unggul an paling tepat dibudidayakan yaitu jeinis : lele dumbo, lele sangkuriang, dan lele phyton. Ketiga jenis lele ini tentunya mempunyai banyak keunggulan untuk dibudiayakan, seperti kualitas produk, ketahanan penyakit, dan pertumbuhan yang baik. Jika memilki keunggulan tentunya ketiga jenis ikan ini juga memiliki kelemahan, dan dibawah akan saya jelaskan dibawah ini :

Jenis Ikan Lele Yang Populer Dibudidaya Untuk Usaha Sampingan


Ikan Lele Lokal

Jenis ikan ini memamang sangat banyak bisa kita jumpai saat memancing disungai,danau,dan rawa karena keberadaanya yang sangat banyak. Dan sebelum ikan lele dumbo populer dibudidayakan dinegara kita, ikan lele jenis inilah yang dibudidayakan jaman dahulu kala. Ikan lele lokal mempunyak pembedaan warna seperti hitam,putih,hitam belang putih, dan merah. Untuk jenis ikan lele lokal warna merah, seiring digunakan sebagai ikan hias karena warnanya yang mencolok. Kelebihan terhadap ikan lele kola ini dalah soal rasa, ikan lele lokal memilki rasa yang sangat gurih jika dikonsumsi. Ikan ini juga sangat kuat untuk dapat hidup dianeka temapat, dan tentunya mudah untuk dibudidayakan.
 
Ikan lele Lokal
Kelemahan ikan lele lokal adalah Food Convertion Ratio (FCR) yang tinggi, ikan ini memerlukan banyak makanan untuk tumbuh, jika kita berikan 1kg pakan dia tidak bisa mencapai bobot 1kg seperti pada ikan lele dumbo. Tentunya ini sangat merugikan seiring dengan mahalnya harga pakan ikan lele. Ikan lele lokal ini memiliki senjata yang mematikan untuk musuh atau mangsanya, yaitu sebuah sirip kanan kiri biasa disebut dengan patil. Untuk mematikan musuh dan mangsanya dia bisa menggunakan patinya yang tajam dan berbisa, mangasa dan musuhnya akan mengalami kematian, Jika patil mengenai manusia bisa menimbulkan bengkak dan demam pada tubuh.

Jenis Ikan lele Dumbo

Jenis ikan lele ini merupakan yang paling favorit dan yang paling banyak dibudiayakan dinegara kita pada tahun 87an, dengan pertumbuhannya yang sangat cepat ikan lele ini menjadi yang nomor 1 air tawar yang dibudidayakan. Ikan ini didatangkan dari Taiwan pada tahun 1985, dan masuk diindonesia banyak sekali yang mencoba untuk membudidayakn jenis ikan lele ini.
 
Ikan Lele Dumbo
Ikan lele dumbo memiliki pertumbuhan yang sangat bagus dibandingkan dengan ikan lele lokal, jika sama-sama berumur 2 bulan besarnya akan 5 kali lipat dibanding dengan ikan lele tawar.  Ikan lele dumbo adalah hasil pemijahan  dari Ikan lele asal Taiwan (Clarias Fuscus) dengan jenis ikan lele asal Afrika (Clarias Mosambicus). Selain itu ada keterangan lain yang menyebutkan bahwa ikan lele dumbo merupakan jenis ikan lele (Clarius Gariepinus) yang banyak ditemui pada perairan Kenya, Afrika. Untuk membahas asal usul ikan lele dumbo tentunya diperlukan penelitian lebih lanjut, dan banyak yang berpendapat bawah ikan lele dumbo merupakan ikan lele yang berasal dari pearairan Kenya, Afrika .

Untuk membedakan antra ikan lele lokal dengan ikan lele dumbo sangat mudah, cukup dengan warna fisik yang hitam kehijauan. Jika ikan jenis ini mengalami stress maka warna pada tubuhnya akan berubah menjadi bercak hitam dan putih, ikan lele dumbo juga memiliki sirip kaanan kiri (patil) yang tajam seperti ikan lele lokal, namun pada ikan lele dumbo tidak memliki racun.

Ikan lele dumbo mudah untuk dibudidayakan dan ikan ini mamapu hidup dengan baik dikolam tanah, dan ikan lele ini tidak suka membuat lubang untuk bersembunyi seperti ikan lele lokal. Ikan lele dumbo ini juga memiliki pertumbuhan yang sangat bagus dibanding dengan ikan lele lokal, namun untuk kualitas rasa daging yang dihasilkan, ikan lele lokal lebih enak daripada ikan lele dumbo yang konon lembek dan tidak berasa., ada yang bilang dagingnya seperti singkong rebus.

Jenis Ikan lele sangkuriang

Pda tahun 2004 ikan lele sangkuriang resmi dilepas oleh Departemen Kelautan dan Perikanan yang merupakan hasil dari penelitian ikan lele yang dikembangkan oleh Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPAT) Sukabumi dari tahun 2002. Dengan dilakukan penelitian ini karena adanya keluhan terhadap para pembudidaya ikan lele tentang turunnya kualitas ikan lele dumbo. Turnnya kualitas ikan lele dumbo ini karena dilakukan pemijahan yang terus menerus dan akhirnya jenis asli ikan lele dumbo akan hilang dan menurun kualitasnya.
Ikan lele Sangkuriang

Dengan adanya penyilangan antara ikan lele dumbo generasi ke-2  (F2) dengan pejantan ikan lele dumbo (F6) maka keluarlah bibit dari ikan lele sangkuriang tersebut. Denganinduk betina yang merupakansalh satu  koleksi dari BBPAT, sedangkan  keturunan F2 dari ikan lele dumbo yang pertama kali didatangkan oleh pemerintah pada tahun 1985. Sedangkansang pejantan adalah keturunandari  F6 dari keturunan sang induk betina F2 tersebut. Dan dengan hasil perkawinan antara sang anak (penjantan) dengan sang induk (betina) BBPAT mengambil inisiatif dengan persamaan cerita rakyat sangkuriang.

Dari pemijahan tersebut telah dihasilkan keunggulan dengan menghasilkan 40.000-60.000 telur setiap satu kali pemijahan. Tentunya sangat berbeda dengan hasil pemijahan telur yang dihasilkan oleh ikan lele lokal yang hanya menghasilkan 1.000-4.000 butir telur. Banyak kelebihan pada ikan lele sangkuriang ini, salah satunya ikan lele ikan tahan hidup diair yang minim, ketahanan penyakit yang baik, dan kualitas produk yang unggul.

Kelemalan dari lele ini adalah tidak bisa dipijahkan antara indukan ikan lele sangkuriang, karena jika terjadi kualitasnya akan menurun. Cara yang tepat untuk mendapatkan benih ikan lele sangkurinag yang unggul adalah dengan perkawinan persilangan balik.

Untuk mengatasi itu BBPAT telah melakukan penelitian baru dengan perkawinan silang antara antara indukan jantan F6 Sangkuriang I dengan indukan betina F2 lele dari Afrika, dan ini diharapkan bisa menghasilkan jenis ikan lele sangkuriang II, dengan kualitas yang semakin baik dibanding ikan lele sangkuriang generasi pertama. Namun penelitian tersebut masih belum selesai dan masih menjadi per buat BBPAT yang masih dikembangkan sampai saat ini.

Jenis Ikan Lele phyton

Untuk jenis ikan lele phyton merupakan penemuan yang ditemukan pada tahun 2004 oleh para peternak ikan lele di Kabupaten Pandeglang, Banten.  Ikan lele Phyton merupakan pemijahan persilangan antara indukan eks Thailand F2 dengan induk lele lokal. Tentunya penemuan ikan lele ini sangat berdeda dengan jenis ikan lele yang dibudidayakan di indonesia yang ditemukan dengan penelitian yang dilakukan oleh BBPAT.
 
Ikan lele Phyton
Ikan lele jenis ini sangat bagus dengan ketahan fisiknya dan mampu berdaptasi untuk hidup didareah indonesia yang minim air. Kelangsungan hidup ikan lele jenis ini juga mencapai 90% tentunya dengan sedikiti presentasi kematian dibanding ikan lele sangkuriang,dumbo, dan lokal. Selain itu keunggulan ikan lele ini adalah memiliki FCR mencapai 1, artinya satu kilogram pakan yang dikonsumsi akan menjadi satu kilogram berat daging yang dihasilkan, dihitung mulai dari penebaran benih sampai dengan panen dilakukan pada siklus pemeliharaan selang waktu selama 50 hari.

Lele ini merupakan solusi yang didapatkan saat para peternak ikan lele didaerah Kabupaten Pandeglang mulai resah dengan kerugian-kerugian yang dihasilkan dalam memelihara dan membudidayakan ikan lele. Karena didaerah ini sangat dingin sehingga ikan lele jenis dumbo,sangkuriang,lokal tidak cocok untuk hidup disana yang pada malam hari mencapai 17 derajat celcius. Lele Phton juga diakui oleh Dinas Perikanan Budidaya Provinsi Banten, pengakuan itu didapat para peternak ikan lele yang menemukan selama 2 tahun penelitian.

Ikan lele jenis ini memiliki bentuk kepala yang mirip dengan kepala ular phyton, sehingga peternak disana menamainya dengan ikan lele phyton. Ikan lele phyton memiliki gerakan yang lebih cepat dan lebih aktif untuk mencari makan dan menagkap mangsanya, dan dari segi rasa daging yang dihasilkan ikan lele phyton mampu mendekati rasa daging ikan lele lokal.

Diatas sudah saya jelaskan tentang  jenis ikan lele, semuanya memiliki kelebihan dan juga kekurangan, dan kesuksesan seorang peternak ikan lele tidak tergantung dengan benih jenis ikan lele apa yang dibudidayakan, namun dengan cara dan penangan yang baik dan benar kesuksesan ini akan dicapai. Untuk cara yang baik dan benar dalam penangan dan pearwatan budidaya ikan lele dapat anda pelajari pada Cara Sukses Ternak Lele Organik Untuk Bisnis Perikanan.


Demikian tips yang saya bagikan tentang Jenis Ikan Lele YangPopuler Dibudidaya Untuk Usaha Sampingan, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Panduan Cara Pemasaran Ikan Lele Hasil Panen Untuk Pemula.

0 Response to "Jenis Ikan Lele Yang Populer Dibudidaya Untuk Usaha Sampingan"

Post a Comment