Panduan Cara Pemasaran Ikan Lele Hasil Panen Untuk Pemula

Dalam pertemuan ini saya akan memberikan penjelasan untuk Anda yang sebelumnya belum mengerti seluk beluk tentang cara penjualan hasil panen budidaya ikan lele, Sebenarnya hal ini sangat mudah dan sangat menyenangkan tentunya, karena kita dapat uang. Baiklah disini saya akan mengulas tentang Panduan Cara Pemasaran Ikan Lele Hasil Panen Untuk Pemula.  Hal ini tentunya menjadi tahap akhir sebuah perjalanan untuk seorang pembudidaya ikan lele, tahap ini dimana adalah tahap yang akan memberikan presentase keuntungan ataupun kerugian.
Pemasaran Ikan Lele Hasil Panen

Untuk masalah ini Anda sebagai seorang pembudidaya ikan lele tidak perlu hawatir karena ikan tak bersisik dan berkumis ini sangat diminati para konsumen, dan untuk penjualannyapun sangat mudah, bahkan banyak yang sangat menyukai ikan lele untuk dikonsumsi. Ikan lele sangat umum dikonsumsi dimanapun kita berada, dan ini tersedia diwarung sepanjang jalanan kota, banyak menyebutnya dengan warung lesehan, tentunya warung ini pasti menyajikan menu ikan lele baik bakar atau goreng dengan sambal yang enak tentunya.

Dalam permasalahan ini yang akan menjadi bahan pertanyaan seperti, “Jangan-jangan sulit untuk menjual hasil panen ikan lele kita?”, “Jangan-jangan tidak laku untuk dijual”, dan pertanyaan yang cenderung membuat hati kita tidak yakin lainnya. Dengan ketidak yakinan inilah yang membuat para mereka yang ingin memulai bisnis budidaya ikan lele menjadi pudar dan akhirnya tidak jadi membudidayakan ikan berkumis ini. Didalam dunia bisnis, pemasaran adalah masalah yang sangat penting dan sebuah fakta yang akan menentukan pendapatan keuntungan bisnis itu sendiri. Jadi hal ini tentunya harus dikerjakan dengan maksimal dan penuh strategi, untuk masalah cara pemasaran ikan lele, juga seperti itu, kita harus memasarkan hasil panen ikan lele kita dengan strategi. Jadi apakah Anda siap untuk memulai bisnis sampingan yang menjanjikan ini? Apkah Anda akan menyerah sebelum perang dinumai? Jiwa bisnis Andalah yang mampu menjawab pertanyaan tersebut!!

Cara Pemasaran Ikan Lele sangat mudah, dan data ini terlihat mulai menanjaknya permintaan konsumen terhadap ikan lele telah ada sejak tahun 2001, dan hingga sekarang konsumsi ikan lele ditingkat masyarakat semakin meningkat. Seiring dengan berkembangnya waktu, jika dahulu kala  ikan berkumis tak bersisik ini dianggap sebagai ikan yang menjijikkan karena licin, amis, bentuknya bikin geli, dan lain-lain, pada era sekarang malah menjadi  salahsatu ikan air tawar yang sangat digemari oleh masyarakat. Dan jika Anda mengetahuin ini apakah Anda masih bingung bagaimana cara pemasaran ikan lele?

Pertanyaan untuk hati Anda adalah “Apakah cara pemasarkan ikan lele sudah kita lakukan dengan maksimal ? ”. Saat masih duduk dibangku sekolah, guru kewirausahaan saya selalu berkata “pemasaran itu penting, dan ini sangat mempengaruhi sebuah bisnis akan mampu berkembang atau tidak” kata-kata dari Bapak guru saya ini sudah masuk didalam hati dan sampai saat ini saya masih mengingatnya. Maka dari itu jika Anda adalah seorang peternak ikan lele, maka jika sebelum melakukan itu harus melihat peluang pasar dan membuat strategi pemasaran. Peluang yang akan kita jadikan target dalam pemasaran ikan lele ini sangat mudah dan sangat banyak , mulai dari warung pecel lele, warung tegal, rumah-rumah makan, resto-resto, dan lain sebagainya dan semua itu pasti sudah menyajikan menu ikan lele konsumsi dengan bumbu dan resep andalan mereka sendiri.

Selain itu banyaknya inovasi terhadap daging ikan lele ini menjadi salah satu ikan yang dagingnya diolah menjadi beberapa makanan tertentu, seperti bakso, presto, kripik  dan lain sebagainya. Setelah saya jelaskan beberapa tempat atau peluang untuk memasarkan ikan lele tersebut, tentunya dari Anda ada yang meragukan tempat-tempat ini, padahal tempat tersebut pasti membutuhkan stok ikan lele yang sangat banyak. Dengan minimnya penyetok ikan lele, kadang pemilik warung pecel lele melakukan budidaya pembesaran ikan lele sendiri, agar tidak kesusahan untuk mendapatkan ikan lele yang siap konsumsi. Hal ini langsung saya temui saat saya sedang makan diwarung lesehan di sebuah jalan bibis-kasihan-bantul-yogyakarta. Bu Paini yang merupakan penjual pecel lele lesahan itu memberitahukan pada saya bahwa ikan lele yang saya makan adalah ternaknya sendiri yang dijamin kebersihannya, mungkin beliau sedang promosi  .. hehe . Baiklah jika Anda sudah mengerti hal tersebut apakah masih bingung dengan cara pemasaran ikan lele?

Sederhana saja, kita akan membuat perhitungan kepada tempat yang membutuhkan stok ikan lele. Yaitu warung pecel lele, warung pecel lele saat ini telah menyebar disepanjang jalan disemu jalanan kota atau bahkan diperdesaan. Keberadaan warung pecel  bisa kita dapatkan dengan hanya radius 100 meter diperkotaan, dan ini tentunya sudah saya ambil radius paling jauh diperkotaan. Sedangkan diperdesaan bisa kita dapatkan antara 1km, tentunya juga sudah saya ambil perkiraan paling jauh. Untuk masalah cara pemasaran ikan lele, jangan menganggap sepele sebuah warung pecel lele, ini tentunya jika Anda pebisnis yang hebat mampu melihat peluang tersebut. Pada hari biasa warung pecel lele mampu menghabiskan 2 sampai 3 kilo ikan lele siap konsumsi, tentunya hal yang luar biasa untuk hanya ukuran warung kecil yang dapat mengkonsumsi ikan berkumis ini. Sedangkan pada hari libur/ramai mereka bisa menghabiskan 5-6 kilo ikan lele segar yang siap dikonsumsi.
Pemasaran Ikan Lele Hasil Panen

Jika demikian tentunya kita dapat menghitung berapa banyak setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan para penual warung pecel lele ini. Jika kita anggap saja ada 50 warung pecel lele yang tidak jauh dari lokasi kita ternak ikan lele, maka ini adalah peluang yang sangat besar. Apabila kita menghitung kebutuhan para pengelola warung pecel lele akan lele yang siap konsumsi dengan nilai terendah yaitu 2 kg/hari x 50 warung pecel lele, berarti warung pecel lele disekitar rumah kita membutuhkan sekitar 100 kg/hari, samadengan 3 ton/bulan.  Segera cari channel untuk mengenal para pengelola warung pecel lele, dekati mereka dan tanyakan mau menerima ikan lele yang telah Anda budidaya atau tidak!! Mudah kan? Ini baru tentang warung pecel lele saja, dan tentunya masih banyak lagi rumah makan atau resto lainnya yang membutuhkan pemasok ikan lele.

Jika contoh diatas sudah jelas dan akan sadar peluang di tempat-tempat sekitar kita maka tunggu apalagi, selagi masih mempunyal skill dan kemampuan segera budidaya ikan berkumis ini. Jika Anda masih bingung dengan cara pemasaran ikan lele, itu sangat disayangkan. Anda tidak mau melihat peluang pasar disekitar Anda, jangan hawatir berlebihan tentang pemasaran ikan lele ini, sekali lagi tempat-tempat disekitar tempat tinggal Anda banyak membutuhkan ikan yang mempunyai rasa gurih ini. Baiklah jika sudah mengetauhi tempat-tempat yang siap menampung ikan lele hasil dari panen, mari kita berhitung dengan sederhana tentunya untuk para pengusaha ikan lele pemula.

Penebaran 1000 benih yang akan kita budaya/pembesaran untuk sebuah koma 10x10 meter bisa mencapai 1 kuintal bahkan lebih ikan lele yang siap konsumsi. Untuk mencapai hasil panen diperlukan waktu 60 hari atau sekitar 2 bulan, panen paling buruk adalah dengan jangka waktu diatas 3 bulan. Nah untuk mencapai hasil panen yang  sesuai target, diperlukan ketelitian dan keuletan, tentang aturan cara budidaya, perawatan, dan cara memberi makan yang baik dan benar, seperti pada artikel ini Jenis Pakan Ikan Lele dan Cara Pemberian Yang Benar Untuk Meningkatkan Hasil Panen. Jika kita berusaha untuk mencukupi kebutuhan 50 warung pecel lele yang ada disekitar rumah kita, setiap bulannya yang memerlukan kurang lebih 5 ton, maka diperlukan energi extra untuk menghasilan ikan lele konsumsi untuk memenuhi para pengelola warung pecel lele. Yang paling kita garis bawahi bahwa, dinegara kita cara pemasaran ikan lele sangat mudah, karena banyak peminatnya.

Langkah lain dalam cara pemasaran ikan lele adalah dengan menjualnya ke pengepul, cara ini dapat kita lakukan jika ingin menembalikan modal secara cepat, karena pastinya pengepul akan memborong ikan lele hasil panen kita. Tetapi dalam cara ini memang ada kelemahan yaitu tentang harga, pastinya hasil yang kita dapatkan lebih sedikit dibanding dengan menjualnya ke para pengelola warung pecel lele. Namun cara ini mempunyai kelebihan yaitu praktis, dan tidak repot karena mereka akan memborong ikan hasil panen Anda. Untuk menemukan para pengepul ikan lele bisa kita tanyakan ke teman,kerabat,penjual ikan dipasar-pasar , atau di internet, dan lain sebagainya. Percayalah didaerah manapun pasti ada pengepul ikan lele ini, dan ini tergantung kelincahan Anda untuk melobi mereka.

Yang jadi pertanyaan untuk Anda “apakah mungkin orang yang tidak memliki produk bisa memasarkan prosuk tersebut?”. Untuk itu semua coretan diatas adalah solusi untuk menjawab keraguan kita yang selalu bertanya-tanya tentang cara pemasaran ikan lele hasil panen untuk pemula. Dengan cara yang mudah dan gampang jika kita mau belajar dan terus mencobanya, selai dalam hal positif. Cara diatas adalah solusi untuk para pemula yang ingin memulai budidaya/pembesaran ikan lele, yang hanya melihat peluang tempat-tempat terdekat yang memerlukan pemasok ikan lele. Dan bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam pemasaran ikan lele hasil panen tentunya merupakan nilai plus. Cara melihat peluang lokasi terdekat adalah cara yang paling bagus untuk para pemula, selain sangat terjangkau dan juga tidak akan memerlukan biaya tambahan untuk transportasi pengiriman atau lain sebagainya.

Saya rasa untuk tips Panduan Cara Pemasaran Ikan Lele Hasil Panen Untuk Pemula yang saya berikan sudah cukup dan mampu memotivasi Anda agar tetap berkarya. Dalam berternak ikan lele yang paling penting adalah adanya pengalaman, dan dari mana pengalaman itu bisa kita dapatkan? Tentunya dengan mencoba bukan!! Untuk itu jangan pernah berputus asa, masih banyak cara untuk menambah pundi-pundi rupiah, termasuk dengan budidaya ikan lele ini. Semoga sukses para mitra budiaya!!


Demikian tips yang saya bagikan tentang Panduan CaraPemasaran Ikan Lele Hasil Panen Untuk Pemula, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Peluang Beternak Ikan Lele Dengan Kolam Terpal Untuk Pemula.

0 Response to "Panduan Cara Pemasaran Ikan Lele Hasil Panen Untuk Pemula"

Post a Comment