Cara Merawat Kenari Mabung Agar Cepat Tumbuh Paling Praktis

Cara Merawat Kenari Mabung

Sebenarnya dalam cara merawat Kenari mabung ini tidaklah se repot seperti yang Anda kira, memang pada saat ini Burung Kenari masih menjadi Burung peliharaan yang paling ramai. Merawat Burung mungil yang memiliki suara yang sangat merdu ini pastinya banyak dara para kicau mania yang sudah memasuki masa mabung atau banyak yang menyebutnya dengan bahasa keren yaitu molting. Pada masa mabung/molting ini adalah dimana saat-saat Burung Kenari sedang mengalami kerontokan bulunya dan akan tumbuh berganti dengan bulu yang lebih baik. Namun saat dalam masa sepeti ini burung Kenari seperti halnya sedang kehilangan jati dirinya, dimana Kenari akan jarang bunyi dan bahkan tidak sama sekali.
Cara Merawat Kenari Mabung
Pada masa mabung/molting ini akan di alami oleh semua jenis burung, dan saat itu juga mereka akan sibuk untuk merapikan bulu dan sayapnya sehingga akan memperburuk kondisinya. Dalam cara merawat Kenarimabung banyak kesalahan yang di lakukan oleh para kicau mania, dimana saat pada masa ini Burung Kenari terus di paksa untuk beraktifitas seperti biasanya. Dan tidak sedikit dari mereka justru malah memberikan doping agar Kenari tetap berkicau seperti biasanya. Hal ini sangatlah salah, dan ujungnya akan membahayakan dan memperburuk kondisi kesehatan Burung Kenari. Tetapi coretan saya ini tentunya adalah pendapat saya sendiri, jadi tentunya untuk para manis juga punya cara sendiri untuk merawat Kenari mabung yang di anggapnya paling tepat.
Eggs Food Untuk Pakan Perawatan Kenari Mabung
Dalam cara mearawat Kenari mabung setiap para peternak/penghobi tentunya berbeda, namun perawatan yang terbaik adalah memberikan asupan makanan yang dapat membantu pertumbuhan bulu agar tumbuh dengan baik. Baiklah, di bawah ini merupakan cara mudah untuk merawat Kenari yang sedang mabung.

Langkah – Langkah Merawat Kenari Mabung
  1. Tempatkan kandang Burung Kenari pada tempat yang terkena angin/udara luar namun tidak terkena sinar matahari secara langsung karena pada masa mabung/molting ini Burung Kenari tidak membutuhkan panas sinar matahari.
  2. Kenari yang mengalami mabung.molting tidak perlu di mandikan, jadi biarkan saja Burung Kenari merontokkan bulunya karena apabila dimandikan proses perontokan bulu akan lebih lama/terhambat. Burung Kenari bisa di mandikan jika bulu/sayapnya sudah tumbuh minimal setengahnya.
  3. Pada masa seperti ini Burung Kenari sangat membutuhkan protein keratin, jadi berikan sesuai kebutuhannya yaitu jangan sampai melebihi 30%. Mengapa demikian, karena Burung Kenari yang mendapatkan kelebihan protein akan mengalami birahi dan justru sering bunyi, Kita ingat bahwa pada masa ini Burung Kenari tidak di anjurkan untuk bunyi/kicau. Jadi pada intinya jangan sampai kelebihan dalam memberikan protein keratin. Lalu apa saja makanan yang di anjurkan untuk cara merawat Burung Kenari?

Makanan Untuk Merawat Kenari Mabung

Flaxseed Untuk Pakan Perawatan Kenari Mabung
  •  Eggs food : Kadar protein yang di kandungnya adalah sekitar 23%, jadi makanan ini sangat bagus untuk di berikan pada Burung Kenari yang sedang mabung. Eggs food Juga sangat baik karena dapat menjadi sumber energy boost dan sumber dari biotin. Eggs food bisa di dapatkan di toko pakan ternak terdekat!!
  • Flaxfeed : Makanan ini juga sangat cocok untuk di berikan pada Burung Kenari yang sedang mabung, Flaxfeed ini bentuknya seperti  biji bunga matahari namun lebih kecil dan warnanya coklat dan kuning. Pakan ini memang mengandung sedikit lemak, namun tidaklah masalah untuk di berikan pada Kenari mabung karena kandungan lemaknya tidak berlebihan.  Flaxfeed bisa di dapatkan di toko pakan ternak terdekat!!
  • Sayuran : Sayuran juga di perlukan Burung Kenari saat mabung, sayuran bisa menggunakan wortel, brokoli, labu dan beberapa sayuran hijau lain.
  • Canary seed  : dalam kondisi mabung Burung Kenari juga tidak lepas dari pakan utama yaitu Canary seed, namun dalam masa ini usahakan di berikan dengan kualitas yang tidak standar, berikan yang lebih baik lagi meskipun harganya lebih mahal karena pakan berkualitas akan membantu untuk mempercepat pertumbuhan bulu Burung Kenari yang sedang mabung.

4.      Perawatan Burung Kenari yang sedang mabung sangat bagus apabila selalu di kerodong, karena jika di kerodong maka Burung Kenari tidak akan terkena sinar matahari secara langsung. Namun, akan lebih bagus jika dalam kondisi di kerodong setiap harinya di buka sekitar 15-30 menit setiap harinya agar Burung Kenari tetap mendapatkan udara segar.

Para sobat Kicau Mania tentunya setelah membaca tips cara merawat Keanari mabung di atas akan terasa lebih mudah untuk merawat Kenari apabila Burung Kenari Anda mengalami mabung/molting. Lakukan 4 langkah diatas dengan keberlanjutan setiap harinya sampai bulu burung Kenari tumbuh sempurna. Cukup sekian dari Saya!! Salam Sukses Mitra Budidaya!! 

Artikel Terkait Tentang Budidaya Burung Kenari
  1. Panduan Cara Ternak Kenari Lengkap Untuk Bisnis Dan Pemula
  2. Cara Merawat Kenari Agar Gacor, Sehat, Dan Lincah
  3. Cara Menjodohkan Kenari Jantan Dan Betina Praktis Untuk Ternak
  4. Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Akurat 100%
  5. Cara Mengawinkan Kenari Paling Praktis Dan Pasti Berhasil
  6. Cara Merawat Kenari Mabung Agar Cepat Tumbuh Paling Praktis
Demikian tips yang saya bagikan tentang Cara Merawat Kenari Mabung Agar Cepat Tumbuh Paling Praktis, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Cara Mengawinkan Kenari Paling Praktis Dan Pasti Berhasil.