Peluang Beternak Ikan Lele Dengan Kolam Terpal Untuk Pemula

Sesuai dengan topik judul diatas, saya akan memberikan ulasan tentang bagaimana Peluang Beternak Ikan Lele Dengan KolamTerpal Untuk Pemula, memang budidaya ikan lele saat ini menjadi pilihan untuk menambah pundi-pundi rupiah masyarakat dinegara kita. Beternak ikan lele tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, usaha ini merupakan salah satu bisnis sampingan yang sangat bagus dengan hasil yang lumayan menguntungkan.
Peluang Beternak Ikan Lele Dengan Kolam Terpal Untuk Pemula

Beternak ikan lele bisa dilakukan dari semua kalangan, mulai dari seorang pengangguran sampai dengan PNS, mengapa demikian, karena beternak lele tidak memerlukan banyak waktu dalam penanganan, jika semuanya sudah jalan, adanya media yang siap dipakai untuk beternak ikan lele, maka tugas kita hanyalah mengontrol air dan memberi pakan.

Tingginya permintaan pasar guna untuk dikonsumsi, makin membuka peluang usaha untuk beternak ikan lele (budidaya ikan lele baik pembesaran maupun pembuatan benih). Ikan berkumis ini sangat digemari oleh banyak orang, tentunya dengan rasanya yang enak dan gurih disertai dengan harga yang relatif murah yaitu sekitar 15.000/Kg membuat ikan lele ini laris dijual dipasaran, ikan lele bisa kita temui disepanjang pasar ikan maupun warung terdekat dilingkungan kita.

Jenis ikan lele yang bisa dibudidayakan sangat banyak diantaranya adalah ikan lele dumbo, ikan lele sangkuriang, ikan lele phyton, dan ikan lele lokal. Jenis ikan lele tersebut merupakan yang paling banyak dibudidayakan dinegara kita. Namun kali ini saya tidak membahas semua jenis ikan lele tersebut,   disini kita bicara tentang Peluang Beternak Ikan Lele Dengan Kolam Terpal Untuk Pemula.

Peluang Beternak Ikan memang sangat unik dan membuat orang tertarik untuk terjun didalamnya, budidaya ikan jenis ini cocok di budidaya disemua daerah, mulai dari pesisir sampai dengan pegunungan. Modal untuk membeli bibit juga sangat murah dan juga dimudahkan media perawatan yang hanya kolam terpal likan lele ini bisa tumbuh berkembang. Dengan perawatan yang sangat mudah ini banyak orang tentunya yang mencoba untuk membudidayakan ikan lele tersebut mulai dari kolam terpal, kolam sumur, kolam beton, kolam tanah, kolam jaring, dan masih banyak lagi media kolam yang bisa digunakan untuk beternak ikan lele.

Baiklah, sekarang kita akan mencoba menganalisa  Peluang Beternak Ikan Lele Dengan Kolam Terpal Untuk Pemula, supaya lebih spesifik dan menghemat biaya pengeluaran awal saya akan menggunakan media kolam terpal sebagai media untuk menganalisa peluang beternak ikan lele :

Pembuatan Media Kolam Terpal

  • Biaya awal yang akan dikeluarkan :

·         1 Kolam Terpal akan menghabiskan dana sekitar = Rp. 300.000,-
·         Pembelian bambu untuk tiang penyangga = Rp. 400.000,
·         Total biaya awal yang dikeluarkan = Rp. 700.000
  • Biaya Produksi yang akan dikeluarkan :

·         Setiap 3000 ekor bibit lele biasanya dibandrol dengan harga @Rp.100,- = Rp. 300.000,
·         Pengeluaran untuk biaya pakan selama 2,5 bulan @ 80kg/bulan= 200kg x 8.000/kg = 1.600.000
·         Total pengeluaran biaya pakan + pembelian bibit = Rp. 1.900.000,-

  •       Estimasi Harga Penjualan Setelah Panen


·         Perkiraan hasil panen dengan kerugian jumlah benih yang mati 30 % = 900 ekor benih ikan lele, maka terhitung menjadi
= 3000 ekor benih ikan lele – 900 ekor benih ikan lele, maka = 2.100 ekor ikan lele yang bisa dipanen dengan asumsinya 1 Kg sekitar = 7 ekor ikan lele dewasa dengan harga per 1 kg = 15.000
·         Maka terhitung =  2.100 ekor : 7 = 300 kg x Rp. 12.000,- = Rp.3.603.000,

  • Perkiraan Keuntungan Yang Bisa Didapat


= 3.603.000– 1.900.000 = Rp. 1.703.000

Dari semua perkiraan untuk perhitungan penghasilan yang kita dapatkan sangat lumayan untuk bisnis ternak ikan lele sebagai sampingan, dan jangaka waktu panen 2,5 bulan sampai 3 bulan saja. Dan apabila kita mempunya setidaknya 4 kolam untuk ternak ikan lele maka penghasilan diatas bisa kita kalikan 4, dan tentunya sangat bagus untuk pendapatan sampingan.

Yang bisa saya sarankan disini adalah, buatlah kolam ikan lele sebanyak mungkin karena semua itu akan mempengaruhi biaya produksi dan juga penghasilan. Begitu juga pembelian pakan/pelet ikan lele agar sekalian membeli yang banyak, agar harga yang kita dapatkan sebagai harga grosir. Diatas sudah saya jelaskan peluang beternak ikan lele dengan kolam terpal, mengapa yang akan kita gunakan sebagai media kolam pembesaran adalah kolam terpal? Berikut merupakan alasan mengapa saya memilih terpat sebagai kolam ikan lele.

Keunggulan Beternak Ikan Lele Dengan Kolam Terpal

Banyak sekali keuntungan yang sapat kita capai dalam penggunaan kolam terpal sebagai media kolam budidaya ikan lele, salah satunya adalah harga dan juga sangat mudah diaplikasikan, dibawah ini merupakan keuntungan dari kolam terpal.

Terbukanya Peluang Beternak Ikan Lele Dilahan Yang Sempit

Pada zaman dahulu para pembudidaya ikan lele ini menggunakan kolam tanah sebagai media untuk budidaya ikan lele, seiring dengan berkembangnya waktu banyak para pengusaha ikan lele membuat kolam tembok, kolam semen, bahkan kolam fiber juga ada yang menggunakannya untuk memanfaatkan peluang beternak ikan lele tersebut.

Saat ini yang jadi trend didunia perikanan adalah kolam terpal, karena kolam ini sangat mudah diaplikasikan, pembuatan yang tidak memakan waktu dan tempat. Kolam terpal dapat dibangun dilokasi lahan yang sempit, bahkan dilahan yang tidak terpakai sekalipun seperti garasi yang tidak terpakai dll.

Kolam ikan lele terpal sampai saat ini menjadi pilihan masyrakat, dari yang tinggal di desa sampai yang tinggal di perkotaan, karena alasan yang sama yaitu kolam terpal bisa diaplikasikan dilahan yang sempit.

2.      Praktis Dan Memiliki Tingkat Keberhasilan Yang Tinggi

Kolam terpal sangat praktis mulai dari pembuatan dan pemakaian, pembuatan kolam ini sangat mudah dan bisa diselesaikan hanya 1 jam untuk para ahli dan 2 jam untuk pemula. Pembuatan kolam terpal sangat berbeda dengan pembuatan kolam tanah ataupun kolam yang lain, tentunya akan menyita waktu yang sangat lama dan membutuhkan tenaga kerja untuk membuatnya.

Kolam terpal sangat cocok untuk budidaya ikan lele, kolam ini mampu mencapai tingkat hasil panen 80%, dan untuk kolam tanah hanya mampu mencapai 50-60% saja, namun tentunya ada teknik khusus untuk mengolah kolam terpal ini, untuk lebih jelasnya silahkan baca Cara Sukses Ternak Lele Organik Untuk Bisnis Perikanan.

Kolam terpal juga sangat praktis dalam penggunaan, jika selesai panen kolam ini hanya dibersihkan lalu diisi air dan segera bisa ditebar benih, sedangkan kolam tanah membutuhkan waktu sekitar 1 minggu untuk mengisi air dan menebar benih. Kolam terpal juga dapat dipindahkan, karena kolam ini bersifat portable dan tanpa menggali tanah.

3.    Kolam Terpal Sangat Cocok Didaerah Yang Kritis Air

Dengan bahan plastik tentunya kolam ini tidak menyerap air dan air didalam kolam akan lebih awet dan tidak perlu banyak mengisi air bersih kembali. Kolam terpal juga akan terindikasi jika terjadi kebocoran, yang perlu kita lalukan hanya dengan menambalnya. Didaerah pesisir yang krisis air tawar, kolam terpal ini juga nyaman digunakan, karena sangat menghemat dalam penggunaan air.

4.       Keuntungan Teknis Dan Finansial

Tentunya banyak keuntungan yang akan kita dapatkan dalam penggunaan terpal sebai kolam untuk budidaya ikan lele, selain bisa menekan biaya produksi kolam ini juga sangat menguntungkan dalam penggunaan. Kolam terpal mudah dalam pananganan, mudai dari pengendalian hama dan juga pasca panen. Penananganan kolam terpal sangatlah mudah dan lebih menghemat waktu, tentunya kita dalam menanganinya dengan singkat, karena jika budidaya ikan lele adalah sampingan pekerjaan kita.

5.       Hasil Panen Lebih Diminati

Jadi ikan lele yang kita besarkan dikolam terpal sangat diminati dikalangan masyarakat, karena kolam ini sebagai kolam yang paling bersih bila dibandingkan dengan kolam ikan lele lainnya. Alasan utama adalah karena ikan lele yang dibudidayakan didalam kolam terpal baunya tidak menyengat seperti lumpur, sedangkan kolam tanah lebih berbau lumpur sehingga kurang diminati untuk dikonsumi.

Dari lima poin diatas saya rasa cukup untuk meyakinkan hati kita untuk memilih kolam terpal sebagai media untuk budidaya ikan lele. Sesuai dengan topik yang akan saya jelaskan yaitu Keunggulan Beternak Ikan Lele Dengan Kolam Terpal, bailah sekarang kita akan memulai untuk pembuatan kolam terpal sebagai media pembesaran/budidaya ikan lele.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Beternak Ikan Lele Dengan Kolam Terpal

  • Plastik/Terpal (berungsi sebagai wadah air)
  • Bambu/Kayu (berfungsu untuk membuat kerangka penahan terpal)
  • Bambu/Papan (berfungsi untuk menjadi dinding penahan kolam)
  • Peralon (untuk sirkulasi pembuangan air)
  • Atap Kolam (berfungsi untuk menjadi tutup/pelindung atap kolam, bisa dari waring/kawat)


Cara Pembuatan Kolam Terpal Ikan Lele
Pembuatan Kolam Terpal Untuk Beternak Ikan Lele

  • Persiapkan peralatan yang diperlukan (seperti gergaji,palu,paku,dll)
  • Pemilihan lokasi (cari daerah yang teduh tetapi juga terkena sinar matahari pagi)
  • Ukur berapa lebar kolam yang akan dibuat
  • Pasang 4 patok setiap sudut sebagai penongga utama (harus kuat)
  • Memasang kerangka dan dinding kolam dari kayu atau bambu
  • Pasang terpal untuk media sebagai kolam.
  • Lubangi terpal kolam yang telah dipasang, kemudian masukkan peralon sebagai pembuangan air (setelah pemasangan peralon, terpal yang berlubang harus dilem, agar tidak bocor)
  •  Selanjutnya bisa diisi air dan penebaran benih.



Untuk poin nomor delapan, tidak boleh asal untuk memulai memasukkan air dan juga penebaran benih, semuanya harus terkondisikan mulai dari ph air dan waktu yang tepat untuk penebaran benih, Cara yang baik dan benar bisa anda pelajari pada ulasan sebelumnya yaitu Cara Budidaya Ikan Lele Dengan Kolam Terpal Dengan Hasil Panen Yang Memuaskan.

Demikian tips yang saya bagikan tentang Peluang Beternak Ikan Lele Dengan Kolam Terpal Untuk Pemula, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Cara Buat Pakan Lele Sendiri Sebagai Pakan Alternatif Sukses Budidaya Ikan Lele.

0 Response to "Peluang Beternak Ikan Lele Dengan Kolam Terpal Untuk Pemula"

Post a Comment