Cara Pemasaran Belut Mudah Dan Menjanjikan

Cara Pemasaran Belut

Pemasaran belut efektif dan cara kerjanya – Belut adalah hewan sebangsa ikan air tawar yang terkenal dengan tubuhnya yang sangat licin, belut ini sangat susah untuk ditangkap dengan kosong. Penangkapan belut haru dengan alat bantu seperti jaring atau seser, meskipun sudah dengan alat bantu, belut ini masih bisa kabur dari jaring atau seser. Dengan bentuknya yang kecil memanjang seperti ular, belut ini sangat susah di taklukkan, belu sangat banyak di jumpai di daerah berlumpur dan berair seperti sawah atau sungai.
Cara Pemasaran Belut Ekspor
Di era modern sekarang ini belut sudah menjadi salah satu ikan air tawar konsumsi yang banyak diminati , baik langsung di konsumsi atau di olah menjadi jenis masakan belut tertentu. Bahkan saking melunjaknya permintaan pasar, stok belut di Negara kita sering kekurangan, padahal di Indonesia juga banyak para pembudidaya ikan belut ini. Dengan banyaknya para pembudidaya belut di Negara kita, ternyata masih belum mencukupi permintaan pasar yang terus naik.

Mengenai masalah diatas, jika Anda seorang yang bermental wirausaha apakah akan tinggal diam?
Tentunya tidak, pastinya kita akan memanfaatkan peluang yang sangat bagus ini, ya. .menjadi pembudidaya belut adalah hal yang bagus untuk membantu penghasilan tambahan. Untuk membudidayakan belut ini juga tidak terlalu susah, belut hanya sedikit perawatan dan bisa dikerjakan 1 sampai 2 kali dalam 1 hari.

Pada pertemuan sebelumnya sudah saya bahas tentang tata cara budidaya belut yang baik dan benar, dan hal ini bisa Anda simak pada “Cara Ternak Belut Paling Mudah Dan Efektif”. Dengan modal yang tidak banyak, budidaya belut bisa saja mendatangkan pundi pundi rupiah yang lumayan, lumayan dalam arti banyak atau tidaknya belut yang kita budidayakan, semakin banyak kolam yang kita isi dengan bibit belut maka semakin banyak pula hasil produksinya dan tentunya pundi-pundi rupiah juga semakin banyak.

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, “jika kita sudah membudidayakan belut, dan belut siap panen dimana kita menjualnya? Siapa yang mau beli belut kita?” dan pertanyaan lainnya yang masih bingung untuk cara pemasaran belut. Sangat mudah untuk mengatasinya, jangan bingung untuk menjual hasil panen belut Anda, karena seperti diatas, belut sangat diminati di pasaran. Dan belut ini juga sangat mudah dalam hal penjualannya, bisa dijual ke tengkulak, atau bisa juga dijual dengan pedagang kecil untuk partai kecil.

Di Jakarta saja kebutuhan konsumsi belut mencapai 20 ton perhari, bayangkan saja . . .tentunya 20 ton bukan jumlah yang kecil. Dan untuk kota Yogyakarta bahkan lebih banyak dengan membutuhkan sekitar 30 ton per-harinya, dan itu baru untuk memenuhi kebutuhan industri pengolah belut skala rumah tangga, belum terhitung belut konsumsi untuk masyarakat. Sama halnya pada kota-kota besar di Negara kita lainnya, paling tidak dalam satu kota minimal membutuhkan 5 ton belut setiap harinya.
Belut memiliki rasa yang sangat gurih jika dimakan, mungkin hal itu adalah salah satu penyebab semakin di minati-nya ikan jenis belut, baik untuk konsumsi langsung (untuk lauk) maupun yang sudah diolah dengan berbagai masakan. Bahkan banyak yang mempercayai bahwa daging belut memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, ada yang mengkonsumsi dalam keadaan mentah atau malah meminum darah dari belut. Pemasaran belut di Negara kita sangatlah mudah, untuk itu jika Anda sebagai pengusaha belut maka tidak perlu bimbang bagaimana untuk menjual belut hasil panen. Baiklah, dibawah ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi semakin melunjak-nya permintaan belut :

Ekspor Belut Dari Indonesia


Cara Pemasaran Belut
Dengan banyaknya peminat belut di luar Negeri, belut indonesia juga sangat banyak yang di impor dan bahkan karena banyaknya permintaan stok tersebut negara kita sering tidak dapat memenuhi permintaan. Dan dalam perdagangan Internasional, belut mempunyai kode yang sama dengan sidat (ikan sejenis belut yang lebih besar) yaitu dengan kode HS (Harmonized System). Didalam HS sendiri terbagi 3 kelompok antara lain; kode 0302660000 untuk belut segar; dan 0303760000 untuk belut beku. Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil belut terbanyak, baik yang dihasilkan dari tangkapan atau pun dari hasil budidaya. Dan tujuan ekspor belut dari Indonesia adalah ke Negara seperti; China, Hongkong, Jepang, Singapura, Taiwan, Korea, Thailand.

Data yang saya cari sangat mengejutkan karena di tahun 2008 ekspor belut yang sudah di lakukan mencapai volume 2.676  ton, dengan hal ini tentunya saat ini volume ekspor belut dari Negara kita sudah mencapai 2 kali lipatnya, karena saya belum menemukan data ekspor terbaru, mungkin juga untuk privasi pendapatan Negara. Sedangkan China adalah Negara yang paling banyak meminta stok belut dan sidat, dan Negara seperti Indonesia, Amerika, Kanada dan Thailand adalah Negara yang sebagai penghasil belut dan sidat terbanyak di Dunia.


Jika diatas adalah peluang belut yang di ekspor sekarang saya akan mengungkap data pemasaran belut di dalam Negeri, di Indonesia sendiri juga sudah tersedia berbagai olahan belut, dan hal ini tentunya juga mempengaruhi permintaan stok belut yang harus mencukupi di Indonesia. Data ini adalah seperti Kota Jakarta yang telah membutuhkan 20 ton per hari dan juga ada yang lebih banyak lagi yaitu Yogyakarta yang telah membutuhkan 30 ton/hari. Dengan banyaknya volume tersebut, belut ada yang sudah diolah menjadi suatu produk makanan dan ada juga yang di konsumsi langsung (lauk pauk).

2.       Kandungan Gizi Belut Yang Tinggi

Salah satu penyebab tingginya permintaan belut di berbagai Negara adalah karena gizinya yang tinggi, Setiap 1 ekor belut kaya akan sumber energi dan protein yang tentunya sangat berguna untuk kehidupan manusia. Kandungan energi belut sangat tinggi bahkan mengalahkan kandungan nilai energi dari telur dan juga daging sapi, kandungan energi belut mencapai nilai 303 kkal/ 100 gr. Sedangkan kandungan nilai energi dari telur dan daging sapi adalah sekitar 162 kkal/100 gr dan 207 kkal/100gr.

Selain memiliki kandungan energi yang mengalahkan telur dan juga daging sapi, belut juga mengalahkannya dalam jumlah nilai protein yang terkandung dengan mencapai nilai 18,4 g/100 gr tentunya lebih dari telur ayam yang hanya 12,8 gr/100 gr. Selain rasanya yang gurih dan enak ternyata belut mempunyai kandungan protein dan energi yang besar, pantas saja permintaan belut semakin meningkat dan bahkan selalu kekurangan.

Disisi keunggulan lainnya, belut mengandung asam amino yang sangat bagus, asam amino yang terdiri dari Leusin dan isoleusin keduanya adalah merupakan asam amino esensial. Tentunya kita tahu bahwa asam amino esensial sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan pada anak-anak, selain itu asam amino esensial juga sangat bagus untuk menjaga nitrogen bagi orang dewasa. Belut ini jika dikonsumsi juga sangat bagus untuk perbaikan dan pembuatan otot, jadi jika Anda ingin mempunyai badan yang kekar banyak-banyak mengkonsumsi daging belut bisa menjadi alternatif selain latihan otot.

3.     Pengolahan Daging Belut Untuk Berbagai Makanan

Jika mengenai kandungan gizi belut sangat bagus dengan beberapa kandungan seperti pada pin nomer dua diatas, hal lainnya salah satu penyebab semakin banyaknya permintaan belut adalah dengan adanya pengolahan daging belut menjadi beraneka ragam masakan. Dengan keunggulan gizi yang ada belut yang sangat unggul dengan rasanya yang enak, gurih, dan lezat, tentang rasa belut memang unggul dibanding dengan ikan air tawar lainnya.

Bahkan saat ini pengolahan belut menjadi bakso dan sosis sudah hal biasa, kita bisa membelinya di pasar atau mini market terdekat. Dengan harga yang tinggi pula jika kita ingin merasakan olahan daging belut yang siap konsumsi.

Selain di olah untuk dijadikan berbagai macam makanan, belut juga banyak di konsumsi secara langsung di warung-warung lesehan terdekat rumah kita, tentunya dengan hidangan sambal dan nasi hangat, menikmati pecel belut sangat nikmat.

Selain berbagai macam olahan daging belut itu, belut juga merupakan kripik paling dinikmati, disini bahwa belut sekarang ini banyak di olah menjadi kripik kering dan sangat enak dan renyah di lidah sehingga banyak peminatnya. Olahan belut kripik ini sangat banyak kita jumpai di toko-toko, pasar, dan bahkan lampu merah sekalipun. Banyak sekali di jalan-jalan di lampu merah daerah Yogyakarta yang menjajakan kripik belut.

Di Yogyakarta memang sebagai salah satu kota yang memerlukan pasokan belut yang sangat besar, dengan kisaran 30 ton setiap harinya, dan yang paling banyak adalah di olah menjadi kripik karena di sana kripik belut sangat dinikmati. Harga untuk kripik belut adalah bervarian, ukuran ¼ kg dengan harga Rp. 14.000,-;  ukuran ½ kg dengan harga Rp. 25.000,-; dan kemasan 1 kg dengan harga Rp. 50.000,-. Kita juga bisa membelinya langsung seperti dirumah usaha kripik belut Bu Warty yang rumahnya di daerah Sleman – Yogyakarta, usaha kripik belut Bu Warty memang lumayan lama sudah ditekuni dari sekitar tahun 2001 sampai dengan saat ini, dan kebutuhan belut mentah setiap minggu-nya mencapai 800-100 kilo belut. Di Yogyakarta dan kota-kota besar lainnya masih banyak lagi pengusaha kripik belut yang tentunya hal tersebut adalah peluang pasar yang sangat bagus.

Artikel Terkait Tentang Budidaya Kambing
  1. Budidaya Belut Sukses Dengan 6 Langkah Yang Sangat Mudah
  2. Cara Budidaya Belut Dengan Kolam Drum Bekas
  3. Belut Air Bersih Dan Cara Sukses Budidaya Pembesarannya
  4. Cara Beternak Belut Sukses Dengan Praktis Dan Mudah
  5. Ternak Belut Di Tong Dengan Praktis Dan Mudah
  6. Cara Ternak Belut Paling Mudah Dan Efektif
  7. Cara Pemasaran Belut Mudah Dan Menjanjikan
  8. Belut Raksasa Yang Pernah Ada Di Dunia
Jika kita sudah mengetahui beberapa cara pemasaran belut maka tunggu apalagi, gunakan waktu Anda sebaik mungkin dan segera lakukan budidaya pembesaran belut. Dan jika belut Anda sudah memasuki waktu panen, jangan pusing tentang cara pemasaran-nya. Para pedagang/penangkar ikan segar mau menerimanya dengan senang hati karena peluang pemasaran belut sangat bagus dan mudah, dan bahkan untuk belut yang berukuran besar akan di ekspor dan tentunya akan menghasilkan keuntungan yang berlipat. Ingat, sukses tidak perlu instan, segera lakukan dan jangan banyak perhitungan jika ingin memulai budidaya belut. Salam sukses mitra budidaya!!!

Demikian tips yang saya bagikan tentang Cara CaraPemasaran Belut Mudah Dan Menjanjikan, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Cara Ternak Belut Paling Mudah Dan Efektif.

0 Response to "Cara Pemasaran Belut Mudah Dan Menjanjikan"

Post a Comment