Harga Kambing Etawa Terbaru Paling Akurat Tahun Ini

Harga Kambing Etawa

Disini saya akan memberikan tentang sebuah gambaran perkiraan harga Kambing Etawa terbaru yang telah saya dapatkan dari beberapa pasar Kambing yang ada di Pulau Jawa. Dan semua disini adalah yang saya ambil sebagai harga rata-rata di Pulau Jawa. Kambing Etawa saat ini memang menjadi Kambing paling mahal, dengan ukuran tubuhnya yang besar tentunya juga semakin banyak bobot dagingnya. Selain sebagai pedaging, Kambing Etawa juga dapat dijadikan sebagai Kambing penghasil susu (Kambing perah). Di sisi lain Kambing Etawa juga sebagai Kambing yang sering di konteskan terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Harga Kambing Etawa Super Mahal
Kambing Etawa

Tingginya harga Kambing Etawa saat ini menjadikan beberapa peternak Kambing Jawa (lokal/kacang) berbondong-bondong bermigrasi menjadi peternak Kambing Etawa. Kambing Etawa merupakan jenis Kambing yang berasal dari India, kambing ini sangat mudah di bedakan cirinya dengan jenis Kambing yang lainnya. Tubuh berukuran tinggi dan besar, telinga panjang terurai kebawah, kepala nonong, punggung rata, bulu tebal dan lurus, serta suaranya yang khas. Pada saat awal munculnya Kambing Etawa di Indonesia, harga Kambing Etawa harga kambing etawa mencapai 5.000.000 - 800.000 untuk kualitas standar, dan untuk Kambing Etawa super bisa mencapat 8.000.000 – 15.000.000. Bayangkan betapa mahalnya harga Kambing Etawa saat itu, dengan kondisi tersebut maka semakin lama-kelamaan banyak dengan munculnya  para pembudidaya Kambing Etawa sehingga keberadaan Kambing Etawa semakin bertambah dan harganya dapat turun. Untuk lebih jelas tentang cara ternak Kambing Etawa dapat Anda pelajari pada ulasan tentang “Ternak Kambing Etawa Praktis Dengan Panen Yang Memuaskan”.

Kambing Etawa memiliki banyak kelebihan dengan diantaranya adalah memiliki hasil produksi yang maksimal, jadi kambing ini juga dapat di ambil hasilnya sebagai Kambing pedaging, Kambing susu, dan juga sebagai Kambing kontes. Dengan semua kelebihan tersebut, para peternak telah melakukan persilangan perkawinan dengan Kambing Jawa (lokal) sehingga di peroleh sebagai Kambing PE (peranakan Etawa). Untuk harga Kambing PE tidaklah semahal Kambing Etawa ori, karena Kambing PE tidak dapat di ambil susunya namun banyak juga yang bisa dijadikan sebagai Kambing kontes. Namun kelebihan juga ada pada Kambing PE yang mudah beradaptasi dengan lingkungan (iklim) di Indonesia, Kambing PE juga bisa bertumbuh dan berkembang hanya dengan pakan berkualitas rendah. Namun sangat di sayangkan, harga Kambing PE hanyalah sedikit tinggi diatas Harga Kambing Lokal saja. Untuk melihat harga Kambing Jawa dapat Anda simak pada ulasan berjudul “Harga Kambing Terbaru Untuk Semua Jenis Tahun Ini”.

Dengan tinggi harga Kambing Etawa maka peminat daging konsumsinya juga menurun, namun dengan hal tersebut masih belum mampu menurunkan harga pasarnya. Di bawah ini adalah harga Kambing Etawa terbaru 20 Oktober 2015 di area Pulau Jawa.

Harga Kambing Etawa Ori Jenis Kelamin Betina

Untuk harga Kambing Etawa berjenis kelamin betina memanglah tidak semahal yang berkelamin jantan. Kambing Etawa betina yang bagus adalah dengan ciri tubuhnya tinggi dan besar, tulangan lurus, kakinya kokoh, banyak bulu panjang di antara bagian belakang, karakter jinak dan berputing dua. Jika kriteria ini sudah dapat Anda temukan maka, tawarlah dengan harga yang tepat karena ini merupakan betina yang unggul.
Harga Kambing Etawa Super Betina Pemenang Kontes

  •   Betina dengan usia sekitar 3-5 bulan  bisa mencapai harga di antara 1.700.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
  •   Betina dengan usia sekitar 6-7 bulan  bisa mencapai harga di antara 2.200.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
  •   Betina dengan usia sekitar 8-12 bulan  bisa mencapai harga di antara 3.000.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
  •   Betina dengan usia sekitar 12-24 bulan  bisa mencapai harga di antara 3.500.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.

Harga Kambing Etawa Ori Jenis Kelamin Jantan

Untuk harga Kambing Etawa jantan memang lebih mahal daripada yang berkelamin betina, untuk Kambing Etawa standar bisa mencapai 2 kali lipat harganya dari yang betina, dan untuk kelas unggulan bahkan bisa mencapai 10 kali lipatnya (sebagai Kambing kontes). Kambing Etawa jantan yang unggul sangat mudah di identifikasi yaitu dengan tubuhnya yang tinggi dan besar, kakinya kokoh, kepalanya nonong, nafsu kawin tinggi, telinganya panjang dan lebar, tulang punggungnya lurus tidak ada bengkok, dan galak. Di bawah ini adalah harga perkiraan untuk Kambing Etawa Jantan.
Harga Kambing Etawa Super Jantan Siap Kontes

  •   Jantan dengan usia sekitar 3-5 bulan  bisa mencapai harga di antara 2.000.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
  •   Jantan dengan usia sekitar 6-7 bulan  bisa mencapai harga di antara 3.000.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
  •   Jantan dengan usia sekitar 8-12 bulan  bisa mencapai harga di antara 4.000.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
  •   Jantan dengan usia sekitar 12-24 bulan  bisa mencapai harga di antara 5.000.000, namun tentunya juga tergantung bagaimana kondisi dan kualitasnya.
Catatan Penting :
  1. Harga ini merupakan harga yang didapatkan dari beberapa pasar di Kota besar yang ada di Pulau Jawa, hara tentunya dapat berubah setiap waktunya.
  2. Harga yang saya catat di sini merupakan harga pasang oleh para pedagang Kambing Etawa, jadi harga juga tergantung tawar menawar yang di lakukan.
  3. Semua harga diatas hanyalah sebagai gambaran perkiraan, harga akan di perbarui jika perubahan harga sangat jauh dari perkiraan di atas.
Di atas merupakan harga Kambing Etawa terbaru pada bulan Oktober 2015, untuk memberi perkiraan harga terbaik dan akurat Saya akan selalu memperbaharui harga di setiap bulannya. Jika belum ada postingan tentang harga Kambing Etawa terbaru berarti harganya masih stabil dan tidak perlu di update. Dengan mengacak beberapa pasar Kambing yang ada di Pulau Jawa maka tentunya akan di dapatkan harga rata-rata yang akurat. Salam Sukses Mitra Budidaya!!

Demikian tips yang saya bagikan tentang Harga Kambing Etawa Terbaru Paling Akurat Tahun Ini, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Harga Kambing Terbaru Untuk Semua Jenis Tahun Ini.