Ternak Kambing Etawa Praktis Dengan Panen Yang Memuaskan

Ternak Kambing Etawa

Berikut ini akan saya jelaskan tentang Ternak Kambing Etawa PraktisDengan Panen Yang Memuaskan, memang sebelum ulasan ini sudah saya beberkan tentang cara ternak kambing yang baik dan benar, namun sekarang lebih spesifik dan mengarah kepada jenis kambing yang mempunyai tubuh yang tinggi dan besar, yaitu Kambing Etawa. Mungkin saat ini jenis kambing Etawa akan selalu mendominasi di pasaran, dari segi harga dan juga kebutuhan yang sangat diminati di pasar. Kambing Etawa sangat cocok untuk di budidayakan dimanapun tempatnya , baik di pedesaan ataupun di perkotaan, baik dengan pakan alami ataupun pakan buatan hasil fermentasi.
Ternak Kambing Etawa Praktis Dengan Panen Yang Memuaskan
Ternak kambing Etawa saat ini semakin populer di berdayakan oleh masyarakat, dengan banyak keunggulan yang di miliki oleh kambing Etawa membuat para peternak berbondong-bondong untuk membudidayakannya. Kambing ini bisa di bilang multi fungsi, sebagai kambing pedaging, sebagai kambing perah (di ambil susunya), sebagai kambing peliharaan untuk para pehobi, dan juga sebagai kambing kontes. Saat ini justru sedang populer kontes kambing Etawa, kontes ini banyak di selenggarakan di area jawa tengah dan jawa timur, kambing yang di ikutkan dalam lomba adalah kambing Etawa super dan Etawa unggul.

Kambing Etawa selalu tidak pernah sepi di pasaran, karena beberapa hal diatas bahwa keunggulan kambing Etawa sangat banyak, dan kambing ini semakin diminati dagingnya di pasar, untuk pasar lokal atau bahkan untuk ekspor. Jika kita sudah melihat tentang bagaimana jalannya pasar saat ini, tentunya sangat bagus untuk ikut serta dalam ternak kambing Etawa, usaha ternak ini sangatlah cocok di jalankan oleh seorang dengan profesi apa saja, baik dari kalangan bos sampai dengan karyawan. Namun sangat lebih efektif jika pengerjaanya di lakukan dengan penanganan sendiri untuk skala kecil dan mengambil karyawan untuk sekala besar.

Untuk memulai usaha ternak kambing Etawa sebaiknya perlu untuk mempelajari teknik dan perawatannya secara benar agar nantinya akan mendapatkan hasil panen yang memuaskan. Cara ternak kambing Etawa sangatlah tidak sulit, bahkan saya bilang mudah, karena dalam teknik hanyalah perawatannya yang simpel, memberi makan, minum, dan juga hal kecil lainnya. Baiklah di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus di lakukan jika ingin ternak kambing Etawa mengalami kesuksesan!!

  1. Untuk memulai ternak kambing Etawa harus terlebih dahulu di tentukan tujuannya karena seperti yang saya bilang, kambing Etawa adalah jenis kambing yang multi fungsi, ingin terjun ke pasar dengan tujuan di ambil dagingnya, susunya, atau sebagai kambing kontes yang nantinya akan membuat harga kambing menjadi naik 50 kalilipat dari harga umumnya. Mengapa demikian!! Karena untuk perawatan masing-masing adalah berbeda.
  2. Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang ternak kambing Etawa kepada para senior yang sudah menekuninya, dengan ini kita nantinya akan menemukan ilmu baru yang baik untuk ternak yang kita jalankan.
  3. Pengeluaran awal anggaran untuk biaya awal pembelian bakalan induk kambing Etawa janganlah terlalu banyak, lakukan secara bertahap karena kambing Etawa mampu beranak 3 kali dalam 2 tahun. Catat dengan benar biaya yang telah kita keluarkan yang nantinya akan kita gunakan sebagai tolak ukur pasca panen.
  4. Tentukan lokasi kandang yang tepat untuk memulai ternak kambing Etawa, informasi ini dapat Anda peroleh dari para peternak yang sudah berpengalaman yang berkaitan dengan kelembapan lokasi, tingkat kesuburan rumput, lokasi yang aman dari hama.
  5. Sebelum ternak berjalan, siapkan obat-obatan yang berguna untuk kambing Etawa, lebih baik berkonsultasi dengan dokter hewan atau Dinas Peternakan di kota Anda.
  6. Lebih baik untuk aktif mengikuti seminar ternak kambing Etawa yang nantinya akan bermanfaat sebagai sumber ilmu baru yang berguna untuk ternak kambing Etawa.
  7. Berdoa dan selalu berusaha agar bisnis berjalan dengan lancar dan menuju kesuksesan
Baiklah, diatas adalah 7 poin penting yang sebaiknya kita lakukan untuk sebelum memulai usaha ternak kambing Etawa, jadi sebelum saya beberkan teknik dan cara untuk memulainya maka poin ini sebaiknya sudah kita lakukan. Sebenarnya ternak kambing sangatlah efektif daripada ternak binatang lainnya, dengan umurnya yang panjang dan juga tingkat berkembangbiak yang bagus adalah keunggulan mengapa ternak kambing Etawa di lakukan. Selain hal ini yang lebih bermanfaat lainnya adalah dengan membukanya peluang kerja baru yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Teknik Ternak Kambing Etawa

Secara teknik ternak kambing Etawa adalah sangat mudah seperti yang sudah saya bilang, hanya dengan 3 langkah ternak ini akan berjalan mulus jika ketiga hal ini mampu kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Apakah ke tiga hal itu? Tiga hal ini adalah tentang pengadaan (bibit), pemberian pakan dan pelaksanaan (perawatan). Sangat sederhana sebenarnya, jika kita sanggup untuk memenuhi ketiga poin penting dari teknik ternak kambing Etawa tentunya akan berjalan dengan lancar dan berujung kepada kesuksesan. Selain ke tiga hal tersebut ada yang harus kita lakukan yaitu, seringlah main ke kandang para peternak kambing Etawa yang sudah berpengalaman, bersahabatlah dengan mereka, belajar dengannya agar mendapatkan ilmu yang berguna untuk teknik ternak kambing Etawa dengan benar. Sekarang saya akan bahas satu-persatu tentang 3 hal penting dalam ternak kambing Etawa yang harus di lakukan!!

1.    Pengadaan Bibit Kambing Etawa

Pengadaan disini yang saya maksud adalah untuk pengadaan bibit/induk kambing Etawa, dan di dalam poin ini yang perlu kita lakukan adalah dengan memilih induk yang unggul agar keturunan yang di hasilkan mempunyai kualitas yang bagus, pertumbuhan yang bagus, dan juga perkembangbiakan yang maksimal. Dengan kita memiliki bibit unggul maka sangat mudah untuk membuat induk kambing beranak dengan 3 kali dalam 2 tahun. Pada umumnya kambing Etawa akan melahirkan 1-4 anak dalam masa satu kandungan. Anak akan lahir setelah kandungan berumur 5 bulan. Dan untuk memenuhi pengadaan ini maka ada poin lainnya yaitu tentang bagaimana ciri-ciri bibit yang bagus untuk kita budidayakan.
Ternak Kambing Etawa Dengan Induk Betina Super
Bibit kambing Etawa yang unggul ini bisa kita dapatkan dengan membelinya langsung dari para pembudidaya kambing Etawa yang sudah terkenal, Dengan membelinya dari peternak berpengalaman maka akan mudah bagi kita untuk melihat trek recordnya, dan seperti apa gambaran kambing Etawa yang di hasilkan dari peternak tersebut. Jika tidak memungkinkan untuk membeli bibit unggul dari kandang peternak langsung, maka di bawah ini adalah karakter bagaimana bibit/induk yang bagus untuk di budidayakan.

  • Induk Betina,  dalam memilih induk betina yang baik adalah sifatnya Jinak, bentuk yang kaki lurus, memiliki puting susu dua buah, bentuk yang proporsional dan juga simetris lurus, memiliki tumit cenderung tinggi serta sehat dan tidak cacat.
  • Penjantan, untuk memilih kambing Etawa yang di gunakan sebagai pejantan agar hasil keturunan yang unggul adalah mempunyai bentuk punggung yang lurus dan tidak bengkok (tulangannya), bentuk tubuhnya besar serta perawakan gagah, kakinya kokoh kokoh tidak loyo, umurnya 1,5 tahun atau lebih, tentunya juga kambing tidak cacat.
Setelah kita mendapatkan kambing dengan kriteria di atas untuk induk betina dan pejantan, maka setibanya di tempatkan dalam kandang yang baru (kandang miliki kita) maka sebaiknya di berikan vitamin dalam setidaknya 4 hari, hal ini dapat membuat daya tahan tubuh kambing Etawa meningkat dan mencegah terjadinya serangan penyakit.

2.    Pakan Kambing Etawa

Di dalam ternak kambing Etawa pakan juga merupakan hal penting yang patut di perhatikan dalam pemberiannya, pakan ini nantinya yang akan membuat pertumbuhan dan proses perkembangbiakan kambing Etawa secara baik. Untuk pemberian pakan kambing Etawa ini tidaklah dengan cara di beri sama rata, namun harus di sesuaikan dengan usia dan juga kebutuhan kambing Etawa itu sendiri. Kambing Etawa sangat menyukai rumput hijau (rambanan dalam bahasa jawa), hal ini sudah di lakukan oleh peternak kambing Etawa pada umumnya di pedesaan. Dengan pakan rerumputan tentunya juga di beri pakan tambahan yang mengandung vitamin, protein, karbohidrat, dan mineral. Pakan seperti bekatul yang di beri air sangat bagus untuk menunjang penggemukan kambing Etawa, ampas singkong juga berfungsi sama yaitu menggemukkan kambing Etawa.

Untuk saat ini telah ramai dengan pemberian pakan untuk kambing Etawa dengan pakan buatan, pakan ini adalah olahan dari beberapa bahan yang telah di fermentasi. Dengan pakan ini malah semakin efektif untuk membuat kambing Etawa menjadi sehat, gemuk, dan juga bagus dalam berkembangbiak. Untuk membuat pakan kambing buatan tidaklah ada rumus tertentu, yang penting kambing doyan dan lahap untuk makan pakan yang telah kita berikan, kacang-kacangan dan beberapa bahan lainnya yang mudah dicerna oleh kambing dan tentunya mengandung gizi yang bagus. Dengan campuran bahan seperti bekatul dengan campuran konsentrat dicampur dengan perbandingan 3 : 1, namun peternak lainnya telah memberi pakan dengan campuran bekatul sebanyak 50% yang di campur dengan bungkil kelapa sebanyak 25%, 25% lainnya adalah campuran bungkil kacang tanah dan kapur, dengan pakan ini kambing lebih efektif untuk lebih gemuk, namun jangan lupa juga berikan pakan selingan berupa rumput hijauan karena rerumputan adalah makan yang paling di sukai kambing Etawa.

Dalam memberikan pakan selingan yaitu rumput hijau juga harap di perhatikan dalam memberikannya, hal ini harus di sesuaikan dengan usia kambing Etawa itu sendiri. Ukuran yang di berikan peternak pada umumnya adalah dengan perbandingan berat rumput hijau 15% dengan berat badan kambing. Selain selingan rumput hijau sebagai pakan, pemberian vitamin dan premix dapat membuat kambing lebih bagus dalam pertumbuhan, kita dapat membelinya di toko peternakan terdekat di rumah kita.

Pakan harus di berikan secara rutin setiap 2 kali sehari, dengan pembagian waktu pagi dan sore hari agar kambing tetap terjaga dalam pertumbuhan dan terhindarnya dari serangan penyakit. Untuk pemberian minum pada kambing Etawa, sebaiknya di berikan minum minimal 2 liter setiap harinya, air yang di campur dengan garam beryodium secukupnya sangat bagus untuk membuat kambing lahap dalam meminumnya.

3.    Pelaksanaan (Perawatan) Ternak Kambing Etawa

Yang di maksud dengan pelaksanaan disini adalah mencakup semua hal yang harus di kerjakan dari awal persiapan kandang sampi dengan fase panen. Untuk pelaksanaan ini juga sangat mudah, hanya saja perlu di kerjakan dengan penuh ketekunan dan kesabaran. Adapun pelaksanaan yang harus kita lakukan untuk memulai ternak kambing Etawa adalah sebagai berikut :
  1. Pembuatan Kandang, pembuatan kandang untuk tempat tinggal kambing Etawa juga sangat vital keberadaanya, tanpa kandang/tempat/wadah untuk memulai ternak tentunya tidak akan dapat di laksanakan. Pembuatan kandang harusnya di didirikan yang jauh dari area tempat tinggal, dengan jarak sekitar minimal 5 meter sudah bagus untuk di buatkan kandang ternak kambing Etawa. Kandang harus memiliki pencahayaan/sinar matahari yang cukup, hal ini bertujuan untuk mengeringkan semua kotoran dan tidak akan cepat membusuk sehingga minimbulkan penyakit. Selain sinar matahari, tentunya kandang juga harus selalu di jaga  kebersihannya, untuk kriteria kandang yang bagus untuk kambing Etawa bisa Anda simak pada pembahasan selanjutnya di lain pertemuan.
  2. Kambing Etawa merupakan salah satu jenis kambing yang memiliki perkembangbiakan yang sangat bagus, pada umumnya proses perkembangbiakan ini terjadi 3 kali dalam jangka waktu 2 tahun. Yang harus kita lakukan adalah memaksimalkan tingkat perkembangbiakan pada kambing Etawa agar mampu beranak 4 x dalam 28 bulan, dan hal ini bisa kita lakukan jika membuat metode perkawinan yang tepat. Kita dapat mengawinkan kambing Etawa setelah memasuki usia dewasa, dan usia yang paling tepat untuk di kawinkan adalah minimal berusia sekitar 11 sampai 12 bulan, dan bahkan ada juga kambing Etawa yang baru 10 bulan sudah mengalami birahi, hal ini tergantung perawatan dan vitalitas keturunannya. Untuk bobot kambing yang sudah siap di kawinkan harus minimal mencapai 50 kg, birahi kambing ini biasanya berlangsung antara 1-2 hari dengan siklus sekitar 2-3 minggu. Kambing yang telah mengalami birahi sangat terlihat sifatnya yang gelisah, mondar-mandir, teriak teriak (embek-embek), nafsu makan kurang, dengan tanda lain ekor selalu di kibaskan dan alat reproduksi kambing bengkak serta keluar seperti cairan putih telur (basah). Tanda lainnya adalah kambing selalu diam jika dinaiki pejantan, dan juga lebih banyak kencing dengan sedikit urine.
  3. Masa bunting kambing Etawa adalah sama dengan jenis kambing lainnya yaitu memiliki masa waktu sekitar kurang lebih 5 bulan dari proses perkawinan yang berhasil menjadi pembuahan sampai dengan masa kelahiran anak. Setelah kambing melahirkan, kambing ini akan menyusui anaknya sekitar sampai dengan 3-4 bulan, dan selama masa tersebut jaga pola makan induk kambing dan juga pemberian vitamin. Masa-masa ini adalah genting terjadinya serangan penyakit karena setelah melahirkan alan kelamin kambing akan selalu mengeluarkan darah hingga sampai kira-kira 1 bulan, jaga kebersihan untuk masa-masa tersebut.
  4. Lakukan semua 3 langkah diatas yaitu mulai dari pengadaan kandang, pemilihan bibit, dan perawatan sampai memasuki masa panen, setelah panen di lakukan sama seperti cara sebelumnya jagalah tingkat produksi kambing agar lebih meningkat, tentunya semakin mudah beban yang Anda tanggung karena sebelumnya sudah berpengalaman. Hasil produksi ternak kambing Etawa ini mencakup daging, susu, kulit, dan juga kotoran yang nantinya di gunakan sebagai pupuk organik. Jika perawatan yang telah kita lakukan telah memasuki usia kambing sampai dengan umur 1,5 tahun maka di usia ini perlu di siasati dengan menjual kambing yang memasuki usia tersebut. Mengapa demikian!! Karena usia kambing yang sudah menginjak 1,5 tahun keatas, berat badannya akan susah untuk bertambah. Jika harga daging kambing sedang naik di pasaran, maka segera untuk menjualnya dan perkiraan harga kambing dapat kita hidung perkiraannya dengan rumus  : berat badan kambing Etawa x 50% karkas x harga daging/kg-nya.
Dengan semua yang telah saya jelaskan disini, tentunya semakin mudah untuk kita kerjakan, mulai dari persiapan kandang, bibit, perawatan, sampai dengan fase panen semuanya sangat mudah, ketekunan dan kesabaranlah yang menjadi kunci sukses untuk ternak kambing Etawa. Baiklah para mitra budidaya, tingkatkan kreaktifitas Anda agar menjadi seorang pembudidaya apapun yang sukses untuk menciptakan peluang kerja!! Salam Sukses Mitra Budidaya!!

Artikel Terkait Tentang Budidaya Kambing


Demikian tips yang saya bagikan tentang Cara Ternak Kambing Cepat Gemuk Dan Hasil Panen Maksimal, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Ternak Kambing Etawa PraktisDengan Panen Yang Memuaskan.

0 Response to "Ternak Kambing Etawa Praktis Dengan Panen Yang Memuaskan"

Post a Comment