Jenis-Jenis Lovebird Yang Wajib Anda Tau !!

Jenis-Jenis Lovebird

Ditengah bulan suci Ramadhan tepatnya tanggal 07 juli 2015 ini saya kembali membuat ulasan tentang burung kicauan yang masih ramai dan menjadi primadona didunia pasar burung. Banyak yang telah memelihara burung ini, namun mereka bahkan belum tau jenis burung apa yang dia pelihara, dan hal ini sering ditanyakan pada tean-temannya. Jika hal ini masih saja ada yang mengalami betapa memalukan bukan?
Foto Jenis-Jenis Lovebird

Untuk Anda yang telah berada disini termasuk salah satu pecinta burung yang beruntung, karena saya akan mengupas tentang “Jenis-Jenis Lovebird Yang Wajib Anda Tau”, judul ini saya ambil karena ini merupakan hal yang paling penting sebelum membelinya. Dan jangan sampai setelah membeli burung lovebird Anda baru mengetahuinya tentang jenis apa yang telah anda beli untuk dijadikan peliharaan kesayangan.
Burung lovebird ini mempunyai nama yang unik seolah-olah burung ini adalah lambang dari percintaan unggas yang ada didunia, dia sangat cantik dan mempunyai warna yang aduhai. Memang burung ini bisa disebut dengan burung cinta, karene lovebird sangat menyukai hidup bergerombol, mencari makan bersama dan juga beraktifitas bersama. Hampir mirip dengan burung pipit yang notabennya adalah hama untuk petani padi, mereka mempunyai kesamaan pada cara hidup yaitu bergerombol.
Semua jenis jenis lovebird mencintai hidup dengan bergerombol/berkelompok, dan mereka memang kenyataanya tidak bisa hidup sendiri-sendiri, burung yang satu ini sangat menyukai teman maupun pasangannya, penelitian menyebutkan bahwa pada suatu daerah yang terdapat sepasang burung lovebird, dan salah satu telah mati karena serangan penyakit/pemangsa, maka dia akan pergi mencari rekan-rekannya dan mencari pasangannya, tentunya hal ini sangat cocok dikatakan burung cinta.
Burung ini sekarang juga sangat ramai dibicarakan, dan banyak juga yang telah beternak burung lovebird ini, karena burung ini mudah dalam menyesuaikan iklim alam tempat dia tinggal. Semua jenis jenis lovebird pada umumnya akan berkembang biak dan dapat menghasilkan 3 sampai 6 butir telur dan telur-telur akan menetas setelah dierami sang induk selama 22 hari lamanya. Terhitung dari mulai menetasnya cindil (anak) lovebird, kurang lebih dengan jangka waktu 5 minggu atau sekitar 35 hari anakan lovebird akan meninggalkan sarangnya, dan bisa dikatakan muwo (sang anak sudah lengkap dengan sayap dan semua bulu pada tubuhnya, meskipun belum bisa terbang dengan sempurna). Sampai saat ini semua jenis jenis lovebird masih populer di Indonesia karena dengan bentuk dan juga warnanya yang indah banyak membuat para pecinta burung jatuh hati padanya, dan akhirnya mereka akan meminangnya. . .(kaya pengantin aja) :D
Siburung cantik yang awalnya berasal dari Madagaskar tersebut sangat menyukai untuk hidup didaerah/lingkungan hidup yang kering, dan bahkan banyak dijumpai mereka asik bermain dengan segerombolan temannya dipepohonan yang kering. Ditempat lain seperti perkebunan yang pada dasarnya banyak tumbuhan hijau, maka dia banyak yang tinggal dan beraktifitas dirumah tua yang sudah tidak dihuni lagi. Kesimpulannya adalah burung lovebird tidak terlalu suka dengan pepohonan yang hijau.
Mengerti akan jenis dari burung lovebird merupakan modal awal untuk memelihara atau bahkan untuk breeding/membudidayakan dengen beternak, tentunya harus tau tentang jenisnya dulu. Baiklah, langsung saja untuk jenis jenis lovebird ada dibawah ini :
Madagaskar lovebird (Agapornis cana)
Untuk lovebird jenis ini memang ciri-cirinya terlihat dengan kasat mata, bahkan nampak dari jauh tanpa harus memegangnya juga akan terlihat. Mulai dari bentuk postur tubuh, lovebird jenis ini memiliki ukuran yang kecil dan mungil karena berat badannya yang hanya kurang lebih 30 gram. Mengenai warna juga sangat mencolok, dengan patokan tubu bagia atas berwarna hijau dan untuk tubuh bagian bawar berwarna hijau muda.
1. Foto Madagaskar lovebird (Agapornis cana)
Paling mudah membedakan jantan dan betina adalah jenis lovebird tersebut hanya dengan melihat warna saja sudah terlihat mana yang jantan dan mana yang betina. Untuk pejantan jenis lovebird tersebut memiliki warna kepala sampai daerah dada dengan abu-abu, sedangkan betina memiliki warna hijau muda pada bagian kepala sampai dengan daerah dadanya. Kelemahan burung ini adalah minimnya stok yang ada di Indonesia karena kesusahan dalam membudidayakan jenis lovebird tersebut dengan berbagai hal, dan jenis lovebird tersebut banyak di Madagaskar.
Maked lovebird (Agapornis personata)
2. Foto Maked lovebird (Agapornis personata)
Sebagai burung yang banyak menyebar didaerah Tanzania, jenis lovebird maked sangat mudah untuk diidentifikasi, hanya dengan warnanya sudah terlihat yaitu memiliki warna didominasi hitam yang kecoklatan, dan warna ini akan menjadikannya terlihat seperti burung yang memakai topeng. Untuk itu banyak yang menyebutnya adalah jenis lovebird topeng.
Peachfaced (Agapornis roseicollis)
3. Foto Peachfaced (Agapornis roseicollis)
Untuk jenis lovebird Peachfaced memiliki warna seperti pada foto dibawah ini, dan untuk penamaan menjadiPeach faced” yang dapat diartikan sebagai burung “muka salem”.Jeni lovebird ini sangat banyak peredarannya ditemukan dibenua Afrika, sangat banyak dan juga tentunya hidup dalam berkelompok. Saat ini jenis lovebird tersebut sudah banyak diternak oleh para penagkar burung dan merupakan jenis lovebird pertama yang didomestikasi.
Nyasa Lovebird (Agapornis lilianae)
4. Foto Nyasa Lovebird (Agapornis lilianae)
Sangat mudah untuk mengidentifikasi jenis lovebird ini, hanya dengan satu kedip sudah nampak, ditandai dengan warna yang didominasi hijau pada sekujur tubuhnya. Dan untuk warna bagian kepala adalah orange kemerah-merahan. Panjang tubuh jenis lovebird ini adalah sekitar 13cm, jenis ini banyak ditemukan penyebarannya pada 3 daerah Mozambik, Tanzania, dan Malawi.
Fischeri (Agapornis Fischeri)
5. Foto Fischeri (Agapornis Fischeri)
Salah satu jenis burung lovebird yang penyebarannya banyak ditemukan didaerah Tanzania. Fischeri mempunyai tanda yang sangat terlihat, dan tanda ini berada pada lingkar mata yang berwarna putih, jenis lovebird ini juga memiliki tubuh yang didominasi dengan warna hijau dengan warna dada orange agak kemerahan.
Black-collared lovebird (Agapornis Swindernia)
6. Foto Black-collared lovebird (Agapornis Swindernia)
Untuk jenis lovebird Black-collared lovebird emang lebih unik daripada jenis lovebird yang lainnya, salah satu tanda yang paling mudah untuk mengidentifikasi adalah lingkaran berwarna hitam pada leher yang menyerupai kerah baju, sehingga banyak yang menyebutnya lovebird kerah. Habitat asal penyebarannya banyak ditemukan didaerah Afrika Barat dan Afrika Tengah. Kelemahan burung ini adalah sangat sulit untuk dibudidayakan/diternak karena beberapa faktor yang pada intinya gerombolan burung cantik ini menyukai habitat alami.
Redfaced lovebird (Agapornis Pullaria)
7. Foto Redfaced lovebird (Agapornis Pullaria)
Pada jenis lovebird ini sangat mudah diidentifikasi dengan warna merah yang mendominasi bagian muka sampai dahi, mungkin karena hal ini jenis tersebut banyak disebut sebagai lovebird red faced. Dan untuk yang berkelamin betina bisa diidentifikasi dengan warna muka orange. Seperti halnya jenis lovebird Black-collared lovebird yang sangat susah untuk dibudidayakn , untuk penyebarannya banyak ditemukan didaerah Afrika Tengah dan Afrika Barat.
Abyssinian lovebird (Agapornis taranta)
8. Foto Abyssinian lovebird (Agapornis taranta)
Secara pribadi untuk masalah warna saya sangat menyukai jenis Lovebird Abyssinian ini, karena saya sangat menyukai burung dengan warna hitam seperti jenis lovebird ini, ditambah adanya lingkaran warna hijau pada bagian muka pada betina, sedangkan yang jantan warnanya merah. Untuk Warna tubuh lovebird betina berwarna hijau, dan hijau muda saja. Banyak penyebarannya didaerah benua eropa.
Black-cheeked lovebird (Agapornis nigrigenis)
Black-cheeked lovebirdmerupakan jenis loverbird yang unik karena memiliki warna hitam pada didaerah pipinya, dan warna hijau yang mendominasi tubuhnya. Karena warna pipinya yang hitamlah jenis lovebird tersebut dinamai dengan black cheeked. Untuk penyebarannya banyak dijumpai didaerah Zimbabwe dan Zambia.
9. Foto Black-cheeked lovebird (Agapornis nigrigenis)
Sebenarnya sangat mudah untuk membedakan jenis lovebird, yang hanya ditandai dengan kombinasi warna dan juga postur tubuhnya. Dari semua jenis lovebird tersebut banyak yang mempunyai kelemahan untuk dibudidayakan, dan tentunya akan menjadi faktor untuk menghambat kita untuk memliharanya.
Cukup sekian pertemuan ini dengan pembahasan berjudul “Jenis-Jenis Lovebird Yang Wajib Anda Tau !!” dan semoga postingan ini tidak sia-sia dan menjadikan Anda menjadi lebih tau dan sigap jika membedakan jenis jenis lovebird. Untuk Anda yang ingin menanyakan jenis apakah burung lovebird peliharaan Anda, bisa mengirimkan gambar via email pada alimashudiskom@gmail.com dan tim kami akan membantu mengidentifikasi jenis loverbird peliharaan Anda. Terimaksih !!

Artikel Terkait Tentang Budidaya Lovebird
  1. Lovebird Lutino Daftar Harga, Cara Perawatan, dan Foto
  2. Jenis-Jenis Lovebird Yang Wajib Anda Tau !!
  3. Makanan Lovebird Berikut Cara Pemberian Yang Baik Dan Benar
  4. Lovebird Blorok Informasi Pasaran Harga Dan Foto Galeri
  5. Harga Lovebird Semua Jenis Update 2015
  6. Cara Merawat Lovebird Panduan Lengkap Agar Menjadi Juara
  7. Suara Lovebird Masteran Terbaik 2015
  8. Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Akurat 99%
  9. Lovebird Juara Info Harga dan Tips Perawatan
  10. Kandang Lovebird Yang Baik dan Benar Untuk Umbaran, Ternak, dan Lomba
  11. Kicau Lovebird Terbaik Durasi Panjang Untuk Masteran

Demikian tips yang saya bagikan tentang Jenis-JenisLovebird Yang Wajib Anda Tau !!, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada LovebirdLutino Daftar Harga, Cara Perawatan, dan Foto.

0 Response to "Jenis-Jenis Lovebird Yang Wajib Anda Tau !!"

Post a Comment