Kandang Lovebird Yang Baik dan Benar Untuk Umbaran, Ternak, dan Lomba

Pastinya memiliki binatang peliharaan adalah hoby dan kesenangan tersendiri, apalagi untuk para penggemar burung kicau, selain harus memiliki burung peliharaan yang berkualitas tentunya juga dilengkapi dengan kandang/sangkar yang bagus pula. Dan sangkar yang secara umum digunakan untuk memelihara burung lovebird seperti sangkar single bulat dan sangkar umbaran kotak kecil ataupun yang besar. Kandang-kandang tersebut bisa diporoleh dengen membeli, karena perlu keahlian khusus untuk membuatnya sendiri.
Kandang Lovebird Bulat Untuk Ternak dan Umbaran
Namun untuk hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli kandang lovebird adalah berapa ekor burung lovebird yang akan kita pelihara? Apakah burung-burung tersebut akan kita seting untuk perlombaan atau hanya untuk burung peliharaan rumahan? Dan atau memelihara burung lovebird untuk diternak? Ketiga pertanyaan itu tentunya harus sudah kita tahu akan jawabannya, karena kita sendiri yang menentukan sebelum membeli kandang lovebird!!

Dalam hal pemakaian sangkar/kurungan untuk lovebird harus dihindari dengan mengkandangkannya dalam sangkar yang berbahan jeruji bambu, hal ini adalah untuk menghindari lepas/kaburnya lovebird peliharaan kita, karena lovebird pada dasarnya merupakan burung pengerat yang berparuh bengkok berukuran kecil, burung ini berkarakter sering mengerat apa saja yang disekitarnya, terlebih bahan-bahan dari kayu atau bambu. Untuk itu sangat disarankan untuk menggunakan kandang lovebird yang berbahan dari jeruji besi, baiklah dibawah ini adalah Kandang Lovebird Yang Baik dan Benar Untuk Umbaran, Ternak, dan Lomba


Kandang Lovebird Untuk Ternak dan Umbaran (Sangkar Bulat)

Untuk jenis kandang ini bisa kita dapat dengan mudah dipasar burung atau ditoko pakan ternak disekitar tempat tinggal kita. Dengan mempunyai sekitar spek lingkaran 33cm dan tinggi sekitar 5cm atau sampe 75cm+ bisa digunakan untuk umbaran 1 ekor lovebird atau untuk perjodohan dengan maksimal 2 sampai 3 ekor lovebird didalamnya.

Sangkar jenis ini juga banyak digunakan para breeder untuk proses ternak (perjodohan) dimana untuk membuat lovebird jantan dan betina akan menjadi pasangan dan menuju perkawinan hingga lahirnya generasi lovebird baru. Beberapa contoh foto kandang lovebird bulat dibawah ini yang mudah didapat dengan membelinya, untuk harga seperti kandang-kandang dibawah ini adalah berkisar antara 60.000 samapi 170.000an tentunya tergantung merek apa yang akan kita beli, beberapa merek yang banyak dipasaran adalah seperti ( boom, octagon, cristal dan dayang).

Kandang lovebird seperti itu juga banyak digunakan oleh para penagkar burung untuk berternak lovebird, dengan ukuran yang beraneka ragam panjang sekitar 60cman (untuk umum) hingga 2 metera lebih, semua adalah tergantung kebutuhan, bisa berbentuk tinggi keatas atau melebat kesamping. Untuk harganya sendiri jenis umbaran standart sekitar 180 ribuan hingga 250 ribuan. Dan untuk ukuran yanglebih besar pada umumnya para pengrajin kandang burung membandrol dengan harga 1 sampai 3 juta rupiah. Dalam berternak lovebird juga memerlukan sangakar glodok kayu sebagai tempat bertelur proses mengeraman. Dibawah ini adalah beberapa contoh kandang lovebird umbaran standar dan sangkar umbaran besar.
Kandang Lovebird Standart Untuk Umbaran


Kandang Lovebird Bulat Untuk Ternak dan Umbaran Sebelum Dipasang


Kandang Lovebird Umbaran Besar Untuk Berternak


Kandang Lovebird Umbaran Besar Warna Pink

Kandang Lovebird Umbaran Besar


Khusus untuk berternak lovebird memang dibutuhkan keahlian khusus dalam prosesnya, dengan dimulai dari memilih jenkel jantan atau betina yang berlanjut dengan memilih indukan yang bagus supaya dapat melahirkan generasi yang berkualitas. Selain hal tersebut tentunya juga diperlukan pembuatan kandang untuk tempat bertelur dan tempat mengerami telur sampai dengan menetas. Kandang yang nyaman sangat penting dalam masa perjodohan hingga masa pengeraman, semuanya harus dicocokkan dengan keinginan lovebird sendiri, karena kandang yang nyaman tentunya akan bagus untuk produktivitas lovebird, dan sebaliknya jika kandang tidak nyaman boro-boro bisa membuat lovebird bertelur, bahkan bisa menjadikan stress dan berujung pada kematian.

Pembuatan kandang lovebird tersebut tidaklah harus mengeluarkan budget yang besar, apalagi waktu yang lama untuk proses pembuatannya. Pembuatan kandang lovebird untuk ternak yang pertama Anda siapkan adalah bahan-bahan dibawah ini :
Kandang lovebird Umbaran Besar dab Gelodok Kayu

  1. kelobot jagung/ sobekan kertas/pasrahan kayu/serutan kayu
  2. Toilet roll
  3. Bambu strip
  4. Kayu dan triplek
Kandang Ternak Lovebird

adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

  1. Membuat ukuran denganmemotong kayu dan triplek sesuai yang diinginkan
  2. Letakkan gulungan toilet / toilet roll dalam sangkar
  3. Masukkan bahan yang anda pilih tadi (sobekan kertas dll)
  4. Masukkan bahan alami didasar seperti potongan bambu dan biarkan burungnya sendiri yang meneruskan
  5. Kandang siap ditempati lovebird
Sangkar Gelodok Kayu Untuk Bertelur

Untuk jenis kandang susun untuk ternak lovebird, bisa memakai sangkar/kandang seperti pada contoh dibawah ini :

Kandang Lovebird Untuk Lomba

Untuk jenis ini merupakan khusus untuk para kicau mania sejati yang memelihara lovebird disetting untuk perlombaan, selain berkualitasnya burung lovebird yang akan dilombakan tentunya untuk memenuhi gengsi dan rasa percaya diri harus disertai dengan kandang lovebird untuk lomba yang bagus pula. Bahkan banyak dari mereka para pengusaha kaya memakai kurungan/sangkar untuk perlombaan sangat mewah, ada yang terbuat dari campuran emas untuk gantungannya.

Sangakar untuk lomba ini pada dasarnya adalah dibuat dengan bahan-bahan terbaik dan berkualitas, tentunya harga yang mahal juga menyertainya. Dengan desain yang relatif bergaya dan elegan kandang kandang ini bisa dibanderol dengan harga mulai dengan 700.000 ribuan untuk yang standart seperti keluaran ebod jaya, merek yang banyak dipasarkan adalah ebod dan BnR. Biaya lebih malah akan kita keluarkan jika memesan langsung dengan bentuk dan konsep sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan dana yang harus disiapkan adalah sekitar 1 sampai 3 jutaan untuk membuat kandang lovebird untuk lomba tersebut.

Cukup sekian pertemuan kali ini, sukses selalu kicau mania!!

Demikian tips yang saya bagikan tentang Kandang Lovebird Yang Baik dan Benar Untuk Umbaran, Ternak, danLomba, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Lovebird JuaraInfo Harga dan Tips Perawatan.

0 Response to "Kandang Lovebird Yang Baik dan Benar Untuk Umbaran, Ternak, dan Lomba"

Post a Comment