Pakan Kambing Buatan Murah Dan Berkualitas Untuk Penggemukan

Pakan Kambing

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang pakan Kambing yang paling efektif untuk usaha ternak Kambing terutama yang konsentrasi pada penggemukan. di dalam usaha ternak apapun baik kambing, sampai, dan unggas kesemuanya membutuhkan pakan, dan pakan merupakan hal penting yang harus di penuhi agar pertumbuhan dan perkembangan pembentukan daging ternak berjalan dengan baik.
Pakan Kambing Buatan Murah Dan Berkualitas Untuk Penggemukan
Di dalam usaha ternak Kambing juga demikian, pakan akan menjadi pengaruh paling penting untuk menunjang tingkat keberhasilan ternak Kambing. Dengan demikian, pakan yang kita berikan seharusnya yang mengandung gizi yang baik agar memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh Kambing. Memang untuk mempercepat proses perkembangan pembentukan daging pada Kambing di pengaruhi tidak hanya pakan saja, pembuatan kandang yang baik dan juga pemilihan bibit yang unggul ikut serta mempengaruhi.

Pakan Kambing yang di berikan oleh para peternak di pedesaan pada umumnya hanya di berikan aneka dedaunan tumbuhan dan rumput hijau, namun hal ini tidaklah menunjang cepatnya penggemukan. Apalagi jika seorang peternak yang hidup di area perkotaan, tentunya untuk mendapatkan pakan alam (hijauan) akan sangat sulit, hal ini juga bisa saja di alami oleh para peternak di pedesaan jika musim kering timba, untuk mendapatkan rumput hijau sangat susah karena tanah tandus.
Pakan Kambing Buatan Murah Dan Berkualitas
Jika masalah seperti diatas selalu muncul dan menjadi batu penghadang untuk para peternak Kambing baik di kota atau di pedesaan, baik skala kecil atau besar, maka perlu di lakukan inovasi baru untuk solusi pakan Kambing. Pakan yang menjadi solusi ini tentunya harus mengandung gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh Kambing di setiap harinya dan tentunya harganya murah agar tetap untung. Selain itu bahan baku untuk membuat pakan buatan juga dengan bahan-bahan yang mudah di dapat, bahan ini yang ada di lingkungan terdekat saja, bisa menggunakan bahan seperti : jerami/rumput kering, pohon pisang (gedebog), bungkil kelapa, dan bisa menggunakan bahan organik lainnya yang penting Kambing doyan memakannya.

Pakan Kambing Buatan Murah

Untuk membuat pakan Kambing dengan bahan-bahan yang murah dan mudah di dapat tidaklah dapat di berikan langsung, namun harus melalui proses fermentasi agar senyawa yang terdapat pada bahan-bahan organik ini di uraikan dan disusun menjadi senyawa yang bergizi dan mudah di cerna oleh Kambing.
Pakan Kambing Buatan Untuk Penggemukan
Untuk membuat pakan Kambing fermentasi ini juga sangat mudah, dan hasilnya akan sangat berguna untuk kedepannya karena dapat di berikan sewaktu-waktu (untuk stok pakan), ambil secukupnya dan tutup kembali dengan rapat wadah pakannya. Dengan demikian ternak Kambing akan semakin berkembang karena pakan yang murah, bergizi, aman, dan mudah di dapat. Keuntungan menggunakan pakan Kambing fermentasi ini sangatlah banyak, di antaranya sebagi berikut :
  1. Pakan Kambing buatan sangat mudah di cerna, sehingga kandungan gizi pada pakan akan terserap sempurna dan menunjang penggemukan.
  2. Pakan Kambing buatan dapat meningkatkan produksi susu pada jenis Kambing susu (Etawa).
  3. Pakan Kambing fermentasi sangat mudah untuk meningkatkan bobot Kambing (berisi).
  4. Pakan Kambing hasil fermentasi akan meningkatkan nafsu makan
  5. Daging yang di hasilkan oleh Kambing pengkonsumsi pakan buatan akan rendah kolesterol.
  6. Pakan Kambing buatan akan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.
  7. Kotoran Kambing pemakan pakan buatan hasil fermentasi akan lebih tidak berbau dan aman untuk lingkungan di perkampungan.
  8. Hasil kotoran Kambing pemakan pakan buatan dari fermentasi akan lebih baik kualitasnya jika di jadikan pupuk organik di banding dengan Kambing pemakan pakan alami (pakan hijau).
Sangat banyak keuntungan yang di dapatkan jika para peternak Kambing menggunakan pakan buatan untuk ternak Kambing yang di gelutinya, dan untuk membuat pakan buatan ini selain memerlukan bahan pokok seperti yang saya sebutkan diatas juga memerlukan bakteri dan senyawa sebagai pengurai. Senyawa dan bakteri tersebut bisa di dapatkan dari Biostarter, Biostarter dapat di beli di toko peternakan terdekat Anda, sangat banyak macamnya dan merknya tetapi fungsinya sama saja, tinggal bilang kepada penjualnya jika Anda ingin membeli Biostarter.

Selain bisa di peroleh dengan membeli, Biostarter ini dapat juga di buat dengan sendiri, namun Saya rasa cukup merepotkan dan memakan banyak waktu. Dan saya menyarankan agar membelinya saja karena harganya juga sangat murah melihat fungsinya yang sangat berguna untuk ternak Kambing. Sebenarnya banyak cara dalam motode pembuatan pakan Kambing fermentasi, dan kali ini saya akan membagikan tiga cara untuk membuat pakan buatan fermentasi yang berkualitas dan bergizi tinggi.

1.      Inovasi Agar Biostarter Meningkat Sebagai Pakan Kambing

Jika kandungan pada Biostarter meningkat tentunya akan sangat berguna untuk pakan Kambing, hasilnya akan meningkatkan kandungan gizi dan memudahkan pencernaan pada Kambing. Pembuatannya juga relatif mudah, di bawah ini adalah langkah-langkah untuk meningkatkan Biostarter.

Persiapan Bahan :
  • Siapkan 5 cc Biostarter (bisa di peroleh dengan membeli di toko peternakan terdekat)
  • Siapkan 5 cc Molasses (bisa di peroleh dengan membeli di toko peternakan terdekat)
  • Siapkan 1 liter air bersih tanpa campuran apapun
Cara Membuatnya :
  • Ke tiga bahan di atas di campurkan dengan secara merata dalam suatu wadah, bisa menggunakan drum dan lain sebagainya.
  • Tutup dengan rapat drum/wadah tersebut, goyangkan berulang-ulang agar tercampur merata, kemudian tutup dengan rapat. Bisa menggunakan plastki/terpal plastik sebagai penutupnya.
  • Diamkan selama 3 hari dan taruh di tempat yang teduh, tidak panas dan tidak terkena air hujan.
Setelah 3 hari berlalu, maka Biostarter turunan sudah di dapatkan, Biostarter turunan ini adalah hasil perbanyakan namun untuk kualitas adalah sama, jadi cara ini bisa lebih hemat pemakaian Biostarter. Biostarter memang banyak manfaatnya di dalam usaha ternak, selain sebagai campuran bahan pembuatan pakan Kambing juga bisa di gunakan sebagai pembersih kandang dari kotoran, bisa di gunakan sebagai pupuk tanaman cair, dan obat serangga nabati untuk melindungi tanaman.

2.      Inovasi Biostarter Untuk Membuat Fermentasi Dari Limbah Organik

Ini adalah yang di maksud dengan pakan Kambing buatan hasil fermentasi yang di hasilkan oleh Biostarter yang di campurkan dengan bahan-bahan organik. Pakan ini akan lebih berkualitas dan bergizi, jadi sangat bagus di gunakan untuk penggemukan pada Kambing. Di bawah ini adalah bahan yang harus di siapkan dan langkah-langkah yang harus di lakukan :

Persiapan Bahan :
  • Biostarter turunan (hasil inovasi 1) dengan takaran 1 liter
  • Bahan organik murah seperti ; jerami kering, pohon pisang, bungkil kelapa. Bisa menggunakan ketiga bahan organik tersebut atau hanya salah satu dengan takaran 300 kg.
  • Tetes tebu atau gula yang sudah di larutkan
  • Nanas matang yang sudah di haluskan (di parut) terlebih dahulu dengan takaran 1 buah nanas.
  • Air bersih yang tidak tercampur apapun
  • Drum bekas dan penutupnya
Cara Pembuatan :
  • Bahan utama (jerami/gedebog pisang/bungkil kelapa) di giling atau di potong kecil-kecil.
  • Setelah bahan organik di potong, kemudian masukkan kedalam drum.
  • Selanjutnya masukkan Biostarter turunan dengan takaran 1liter tersebut.
  • Masukkan juga parutan nanas dan larutan gula kedalam drum.
  • Isi dengan 10 liter drum tersebut, kemudian aduk berulang hingga merata.
  • Tutup rapat drum tersebut, dan diamkan sekitar 3 hari.
  • Tenpatkan drum tersebut di tempat yang teduh dan aman dari panas matahari/hujan.
  • Setelah berselang 3 hari, maka pakan buatan ini sudah dapat di berikan untuk pakan ternak Kambing.
Pembuatan pakan Kambing buatan hasil dari fermentasi ini bisa di jadikan sebagai stok pakan, jadi bisa membuat dengan lebih banyak dan di gunakan secukupnya setiap harinya. Jangan lupa setelah mengambil pakan dari drum, tutup kembali drum dengan rapat agar kualitas pakan tetap terjaga.

3.      Inovasi Membuat Minuman Buatan Agar Kambing Cepat Gemuk

Makanan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap penggemukan Kambing, namun akan lebih sempurna jika minuman juga berkualitas dan bergizi tinggi. Minuman berkualitas ini juga harus melewati proses pembuatan terlebih dahulu, namun tentunya murah, aman, dan bergizi adalah hal yang tidak dapat di tinggalkan. Minuman ini dapat di hasilkan dari campuran Biostarter turunan (bisa di buat dengan inovasi 1), dan sangat berguna untuk perkembangan pembentukan daging pada Kambing. Dibawah ini adalah bahan-bahan yang harus di siapkan dan juga cara membuat minuman yang berkualitas untuk Kambing.

Persiapan Bahan :
  • Biostarter turunan dengan takaran 1 liter
  • Molasses dengan takaran 400cc
  • Air bersih tanpa tercampur apapun dengan takaran 1.000 liter
  • Drum dengan penutup yang rapat
Cara Pembuatan :
  • Campurlah semua bahan-bahan di atas dengan memasukkan kedalam drum
  • Aduk hingga merata, jika perlu tutup dengan rapat drum dan goyangkan
  • Setelah tercampur dengan merata kemudian tutup drum dengan rapat
  • Selanjutnya diamkan selama 1 hari, dan kemudian minuman buatan dapat di berikan pada Kambing.
Di dalam usaha ternak Kambing pakan dan minuman buatan untuk Kambing sangatlah berguna, apalagi melihat fungsinya yang dapat meningkatkan gizi pada pakan yang berimbas untuk terjadinya penggemukan pada Kambing dengan cepat. Terlebih adalah sebagai pakan pengganti dari pakan hijau pada musim kemarau, di saat musim kemarau rumput akan kering dan mati, maka solusinya adalah menggunakan pakan Kambing buatan hasil fermentasi.

Artikel Terkait Tentang Budidaya Kambing
  1. Ternak Kambing Dengan Cara Terbaik Dan Mudah Menuju Sukses
  2. Cara Ternak Kambing Cepat Gemuk Dan Hasil Panen Maksimal
  3. Ternak Kambing Etawa Praktis Dengan Panen Yang Memuaskan
  4. Pakan Ternak Kambing Fermentasi Jerami Efektif Dan Murah Tanpa Ngarit
  5. Kambing Etawa Super Pemenang Kontes Terbaik Di Indonesia
  6. Ternak Kambing Gibas Sangat Efektif Tanpa Ngarit
  7. Kambing Etawa Dengan Panduan Lengkap Cara Sukses Beternak
  8. Ternak Kambing Jawa Dengan Konsep Penggemukan Agar Cepat Untung
  9. Harga Kambing Terbaru Untuk Semua Jenis Tahun Ini
  10. Harga Kambing Etawa Terbaru Paling Akurat Tahun Ini
  11. Beternak Kambing Dengan Cara Mudah Pasti Untung
  12. Kandang Kambing Paling Tepat Untuk Menunjang Penggemukan Dan Kesehatan
  13. Pakan Kambing Buatan Murah Dan Berkualitas Untuk Penggemukan
Sekarang dengan hadirnya inovasi cara membuat pakan dan minuman yang berkualitas untuk Kambing maka tidak perlu ragu untuk memulai usaha ternak Kambing karena bahan-bahan untuk membuatnya sangat mudah di dapatkan, akan lebih hemat, murah, dan berkualitas. Salam Sukses Mitra Budidaya!!

Demikian tips yang saya bagikan tentang Pakan Kambing Buatan Murah Dan Berkualitas Untuk Penggemukan, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Kandang Kambing Paling Tepat Untuk Menunjang Penggemukan Dan Kesehatan.

0 Response to "Pakan Kambing Buatan Murah Dan Berkualitas Untuk Penggemukan"

Post a Comment