Penggemukan Kambing Cepat, Mudah, Irit, Dan Paling Efektif

Penggemukan Kambing

Cara penggemukan Kambing saat ini banyak di cari oleh para peternak Kambing, baik melalui buku panduan ternak, internet, atau langsung dari informasi peternak Kambing yang sudah berpengalaman. Untuk mengatasi hal tersebut, saya akan mencoba memberi tips bagaimana cara penggemukan Kambing yang baik, aman, dan efektif. Di dalam usaha penggemukan Kambing ini di butuhkan sebuah managemen yang nantinya mengarah kepada serangkaian kegiatan yang di butuhkan dalam mempercepat kambing agar gemuk.
Penggemukan Kambing Dengan Pakan Buatan Murah
Managemen penggemukan Kambing ini adalah tentang bagaimana membuat Kambing agar cepat gemuk, mulai dari pembuatan kandang, pemilihan bibit, dan pewatan sampai dengan tahap pemanenan. Usaha penggemukan ini sangat bagus di lakukan jika mendekati hari raya Idul Adha, karena pada hari tersebut Kambing jenis apapun akan laris di pasaran yang di peruntukkan sebagai binatang Qurban. Saat itu juga harga Kambing juga melambung, untuk itu tentunya ini adalah peluang usaha yang sangat bagus dan perlu di lakukan.

Di dalam penggemukan Kambing di butuhkan perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan yang sebaik-baiknya karena 3 hal tersebut merupakan kunci sukses untuk membuat Kambing agar cepat mengalami perkembangan pembentukan daging. Saat ini daging Kambing menjadi daging yang sangat di minati di pasaran, kebutuhan daging Kambing setiap tahunnya pasti melambung dan harganya juga semakin naik untuk setiap tahunnya karena hal ini tidak di imbangi dengan hasil produksi yang seimbang. Dan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat Indonesia yang semakin tinggi maka Pemerintah melakukan impor daging,  untuk itu jika Anda ingin memulai usaha ternak Kambing maka jangan takut hasil produksi tidak laku, justru sangat berpeluang untuk menjajaki pasar.

Namun untuk sukses menjalankan usaha penggemukan Kambing di butuhkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya. Dan untuk mengatasi hal tersebut, seperti yang Saya sebutkan diatas bahwa di butuhkan managemen yang nantinya akan melakukan perencanaan dan pelaksanaan agar usaha ini berjalan dengan baik. Di bawah ini akan saya jelaskan beberapa faktor yang akan menetukan suksesnya usaha penggemukan Kambing.

Pembuatan Kandang Penggemukan Kambing Yang Benar

Untuk pembuatan kandang juga harus di manage dengan tepat, hal ini karena akan mempengaruhi kenyamanan Kambing dan juga akan mempengaruhi metabolisme Kambing dengan posisi yang tepat ketika makan.
Penggemukan Kambing Cepat Dengan Kandang Seadanya
Dan Kandang juga harus di bangun di area yang tepat, mulai dari suhu sampai dengan tingkat kenyamanan agar tidak mengganggu masyarakat sekitar dengan kotoran yang di hasilkan. Di bawah adalah penentuan lokasi kandang penggemukan Kambing yang tepat :

1.    1. Lokasi Teduh

Lokasi yang teduh membuat Kambing akan lebih gemuk, sangat bagus kandang di bangun di sekitar pohon yang rindang. Teduh yang di maksud bukanlah gelap, namun kandang harus tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup dan jangan sampai kepanasan.

.       2. Sirkulasi Udara Yang Baik

Didalam pembangunan kandang juga di perlukan sirkulasi udara yang baik yaitu dengan suhu udara sekitar 35c.  Yang di maksud paha tahap ini adalah dengan menentukan lokasi kandang agar mendapatkan sirkulasi udara yang lancar. Lokasi tidak terhalang pagar tembok atau bangunan besar di sekitar kandang. Sirkulasi udara yang lancar juga akan menjaga kondisi kandang agar tetap sehat karena kotoran akan kering dan bau tidak sedap akan terbawa angin.

3.    3. Lokasi Dengan Suasana Tenang

Kambing memerlukan tempat yang tenang agar merasa nyaman, jika Kambing nyaman dengan lingkungan hidupnya maka nafsu makan akan bertambah dan kambing juga mudah dalam perkembangan pembentukan daging. Suasana yang tenang ini juga akan membantu Kambing agar tidak mudah stress dan terserang penyakit, usahakan tidak berdekatan dengan jalan raya, pabrik yang menggunakan mesin bising, dan area tidak tenang lainnya.

.       4. Sinar Matahari Yang Cukup

Poin ini bisa kita lihat pada penjelasan nomor 1 diatas bahwa Kambing memerlukan sinar matahari yang cukup, tidak berlebihan, dan juga tidak terlalu teduh. Sangat bagus jika bisa menempatkan di bawah pohon rindang yang pagi hari terkena sinar matahari namun siang sampai malam sudah tidak terkena sinar matahari lagi.

.       5. Lokasi Dan kandang Selalu Bersih

Bersih adalah kunci sukses untuk menjaga kesehatan Kambing, begitu juga penempatan lokasi pembangunan kandang juga pada area yang bersih, tidak dekat dengan pembuangan sampah, kotoran kambing sendiri, got, dan area kotor lainnya. Lokasi kandang yang bersih ini perlu di perhatikan, karena jika tidak kambing akan hilang nafsu makan, dan kemungkinan lain Kambing akan mudah terserang beberapa penyakit.

Kebersihan lokasi kandang dan kandang ini memang menjadi masalah yang di abaikan oleh para peternak kambing yang sudah berjalan, hal ini tidaklah di anggap sebagai sesuatu yang penting. Perlu kita ketahui bahwa lokasi dan kandang yang kotor akan memicu banyaknya patogen jahat dan beberapa sumber penyakit yang membahayakan kesehatan Kambing.  Jika sudah demikian maka yang di rugikan bukan hanya peternak Kambing sendiri, namun berimbas kepada masyarakat yang tinggal di dekat lokasi kandang yang kotor.

Selain lokasi yang harus di perhatikan dengan cermat selanjutnya adalah kebersihan kandang itu sendiri, kandang harus di bersihkan setiap sehari sekali, bisa pada waktu pagi atau sore hari, namun yang paling bagus adalah sore hari. Kandang harus selalu bersih dari kotoran dan sisa pakan,  untuk tempat penampungan pembuangan kotoran harus di usahakan sejauh mungkin, jika memungkinkan sangat bagus berjarak minimal 10 meter dari lokasi kandang Kambing. Selain itu tempat penampungan pembuangan kotoran juga harus jauh dari tempat penyimpanan pakan, hal ini untuk mencegah penyakit yang menyerang lewat pakan yang di makan Kambing.

Di atas merupakan 5 faktor lokasi yang tepat untuk pembangunan kandang Kambing, kesemua 5 poin ini apabila di lakukan dengan secara benar maka usaha penggemukan Kambing yang akan Anda geluti akan berjalan dengan lancar dan berhasil. Setelah mendapatkan lokasi yang cocok, selanjutnya adalah dengan pembuatan kandang yang benar, kandang yang benar ini perlu di terapkan agar Kambing selalu nyaman dan aman.

Untuk membuat kandang harus di tentukan terlebih dahulu berapa jumlah Kambing yang akan menjadi modal awal yang akan di gemukkan. Jika banyak maka Kandang juga harus di buat dengan luas, apabila untuk usaha penggemukan dengan skala kecil maka di buat dengan ukuran seminimalis mungkin namun dengan catatan di atas standar. Selain itu sirkulasi udara yang lancar, lokasi yang bersih, dan faktor lainnya seperti yang saya sebutkan diatas juga harus di perhatikan. Kandang kambing harus memudahkan untuk perawatan, saat memasukkan kambing kedalam kandang dan juga mengeluarkannya jika di perlukan. Hal lain yang perlu di perhatikan adalah dengan di sediakannya tempat penyimpanan pakan dan juga tempat pembuangan kotoran Kambing dengan jarak yang standar (10 M).

Luas kandang Kambing harus di sesuaikan dengan area pembangunan dan juga jumlah bibit yang akan di gemukkan. Untuk ukuran standar dengan pemeliharaan awal untuk 10 ekor Kambing maka ukuran yang di gunakan adalah memiliki panjang 300 cm dan lebar 150cm. Ukuran ini adalah di ambil seminimal mungkin, dan jika ingin membuat kandang yang lebih luas maka boleh-boleh saja, justru semakin baik, dan hal ini bisa di lakukan jika memiliki area yang luas.

Pada umumnya untuk bahan pembuatan kandang kambing adalah dengan bahan-bahan yang mudah di dapat dan tentunya tidak berharga mahal. Para peternak Kambing yang sudah berpengalaman bisanya menggunakan bahan seperti kayu, bambu, papan, genteng esbes, batu bata, pasir, semen, dan batu. Dan untuk pembuatan kandang Kambing yang standar dan umum di gunakan adalah seperti di bawah ini :
  • Kandang berbentuk panggung
  • Kandang memiliki tempat penampungan feses atau kotoran
  • Kandang memiliki penampungan urine
  • Kandang memiliki tempat penyimpanan pakan

Pemilihan Bibit Yang Bagus Untuk Penggemukan Kambing

Di dalam usaha penggemukan Kambing maka langkah untuk menentukan bibit adalah memilih jenis Kambing apa yang akan di masukkan kedalam Kandang penggemukan dan untuk di pelihara. Anda tentunya sudah mengetahui bahwa di Indonesia saja ada puluhan jenis Kambing yang saat ini sudah umum di budidayakan. Jadi harus di tentukan terlebih dahulu jenisnya, apakah jenis Domba atau seperji jenis Kambing Kacang, Etawa, PE, Boer, dll. Namun di dalam usaha penggemukan Kambing ini saya sarankan agar memilih jenis Kambing Lokal/Jawa/Kacang untuk bibitnya karena Kambing ini mudah dalam perkembangan pembentukan daging hanya dengan pakan berkualitas rendah, tentunya sudah bisa kita bayangkan apabila memberinya pakan yang sesuai dengan standar. Dan ciri-ciri bibit Kambing yang bagus adalah sebagi berikut :
  1. Umur 4-8 bulan
  2. Punggung berbentuk lurus dan panjang
  3. Kerangka tulangan besar dan lebar
  4. Perut tidak buncit (seperti cacingan)
  5. Mulutnya lebar
  6. Sehat dan tidak cacat
  7. Bulu lebat dan berkilau
  8. Matanya cerah
  9. Kaki kokoh

Cara Pemeliharaan Penggemukan Kambing

Di dalam pemeliharaan usaha penggemukan Kambing yang telah Anda jalankan ini tidaklah rumit, bahkan dapat saya katakan sangat mudah, simpel, irit, dan tidak memakan waktu. Mengapa demikian? Karena saat ini sudah ada inovasi pembuatan pakan kambing buatan yang di hasilkan dari proses fermentasi bahan-bahan organik.
Penggemukan Kambing Dengan Memanfaatkan Sisa Bahan Organik Dapur
Penggemukan Kambing Cepat Dengan Pakan Fermentasi
Pakan fermentasi bahan organik ini terbukti lebih efektif dan sangat cepat untuk menunjang penggemukan Kambing. Dan pemeliharaan lain adalah hal yang mudah seperti menjaga kebersihan kandang setiap harinya, memberi makan dan minum, dan melakukan pengobatan jika Kambing terserang penyakit. Di bawah ini adalah hal penting yang harus di lakukan dalam pemeliharaan usaha penggemukan agar berhasil :
  1. Penyediaan pakan dan minum, di dalam penyediaan pakan ini sangatlah mudah, hanya dengan pakan dan minuman buatan hasil fermentasi saja sudah dapat memaksimalkan penggemukan Kambing. Dan untuk cara pembuatannya bisa Anda pelajari pada postingan pertemuan yang lalu dengan judul “Pakan Kambing Buatan Murah Dan Berkualitas Untuk Penggemukan”.
  2. Menjaga kesehatan dan nafsu makan Kambing agar selalu stabil dengan memberikan suplemen SOC, takarannya adalah dengan 5cc SOC yang sudah di larutkan dengan 15 liter air dan di berikan setiap 2 kali sehari.
  3. Selalu menjaga kebersihan, kebersihan harus selalu di perhatikan mulai dari area kandang, kandang, tempat pakan/minum, dan juga tempat pembuangan penampungan kotoran (di bersihkan jika sudah menumpuk, bisa di gunakan untuk pupuk atau di jual).
  4. Melakukan pengobatan apabila Kambing terjangkit penyakit dengan pemberian obat-obatan yang bisa di peroleh dari membelinya di toko peternakan. Sangat bagus jika sering berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat Anda.

Penggemukan Kambing Dengan Pakan Fermentasi Jerami Kering
Di dalam usaha penggemukan Kambing ini memang cukup mudah namun di butuhkan kegigihan did alam pelaksanaannya yang mencakup pembuatan kandang, pemilihan bibit, perawatan hingga pemanenan. Untuk itu agar usaha ini semakin berkembang maka saya anjurkan untuk selalu meningkatkan hasil produksi dan benar-benar memperhatikan dalam perawatannya. Cukup sekian pertemuan pada kali ini, Salam Sukses Mitra Budidaya!!

Artikel Terkait Tentang Budidaya Kambing
  1. Ternak Kambing Dengan Cara Terbaik Dan Mudah Menuju Sukses
  2. Cara Ternak Kambing Cepat Gemuk Dan Hasil Panen Maksimal
  3. Ternak Kambing Etawa Praktis Dengan Panen Yang Memuaskan
  4. Pakan Ternak Kambing Fermentasi Jerami Efektif Dan Murah Tanpa Ngarit
  5. Kambing Etawa Super Pemenang Kontes Terbaik Di Indonesia
  6. Ternak Kambing Gibas Sangat Efektif Tanpa Ngarit
  7. Kambing Etawa Dengan Panduan Lengkap Cara Sukses Beternak
  8. Ternak Kambing Jawa Dengan Konsep Penggemukan Agar Cepat Untung
  9. Harga Kambing Terbaru Untuk Semua Jenis Tahun Ini
  10. Harga Kambing Etawa Terbaru Paling Akurat Tahun Ini
  11. Beternak Kambing Dengan Cara Mudah Pasti Untung
  12. Kandang Kambing Paling Tepat Untuk Menunjang Penggemukan Dan Kesehatan
  13. Pakan Kambing Buatan Murah Dan Berkualitas Untuk Penggemukan
  14. Penggemukan Kambing Cepat, Mudah, Irit, Dan Paling Efektif
Demikian tips yang saya bagikan tentang Penggemukan Kambing Cepat, Mudah, Irit, Dan Paling Efektif, semoga bermanfaat, baca juga ulasan menarik lainnya pada Fermentasi Pakan Kambing Murah Untuk Penggemukan.

0 Response to "Penggemukan Kambing Cepat, Mudah, Irit, Dan Paling Efektif"

Post a Comment